Terkendala PPKM Darurat, Pengerjaan Kampung Literasi Dijadwalkan Mundur

0
43
Saat rapat koordinasi antara pengurus TBM Omah Buku Kosmasari dengan para volunteer.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Untuk mengerjakan proyek pengembangan literasi bertajuk Kampung Literasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Taman Baca Masyarakat Omah Buku Kosmasari (TBM OBK) menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang nantinya melaksanakan program tersebut.

Oleh sebab itu, TBM Omah Buku Kosmasari mulai awal bulan Juli ini merekrut relawan untuk bergabung bersama menggarap segala sesuatu yang dibutuhkan nantinya. Akan tetapi, masih diterapkannya ppkm darurat membuat rapat koordinasi itu dilakukan secara virtual.

Ketua TBM Omah Buku Kosmasari, Muhammad Syihabuddin memaparkan rapat koordinasi itu sebagai persiapan pelaksanaan Kampung Literasi. Adapun isu yang dibahas di antaranya adalah terkait pembuatan konsep kegiatan dengan 4 (empat) kategori litererasi.

“Literasi tersebut yaitu pertama, literasi baca tulis, literasi digital, literasi budaya dan kewarganegaraan, serta literasi finasial,” ujar Syihab, Minggu (11/7/2021).

Di samping pembahasan konseptual kegiatan, kata dia pengurus beserta relawan juga membahas persiapan sosialisasi dari tingkat desa hingga kabupaten dengan diikuti 26 volunteer.

Sementara itu, jadwal eksekusi Kampung Literasi yang sebelumnya direncanakan mulai bulan Juli ini lantaran PPKM darurat, maka pelaksanaan kegiatan itu juga mundur.

“Untuk jadwal pelaksanaan kemungkinan besar mundur, dikarenakan adanya pemberlakuan PPKM Darurat di Jawa dan Bali termasuk di Kabupaten Pati,” imbuh Syihab.

Ia menegaskan 26 volunteer itu terdiri dari pengurus omah buku dan hasil oprec (open rekrutmen) volunteer atau relawan yang diselenggarakan oleh jajaran internal panitia. Volunteer ini bukan hanya dari pengurus OBK yang notabene di wilayah Kabupaten Pati. Namun, lingkup Jawa Tengah yang ingin bergabung untuk ikut serta belajar sekaligus mensukseskan kegiatan Kampung Literasi.

“Tujuannya memberi wadah kepada rekan-rekan yang ingin berkarya dan mensukseskan progam Kampung Literasi 2021,” pungkasnya.