Pasien Covid-19 Isoman Bisa Pinjam Tabung Oksigen Gratis di Komunitas Sedekah Rombongan

0
18
Sebagian dari pasien covid-19 Isoman yang pinjam tabung oksigen gratis darii Komunitas Sedekah Rombongan.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Banyak pasien isolasi mandiri (Isoman) yang mengeluhkan langkanya tabung gas oksigen. Pasien yang menjalani perawatan mandiri ini jelas membutuhkan barang ini.

Dengan kondisi seperti ini, komunitas Sedekah Rombongan (SR) terketuk hatinya bagi pasien yang menjalani Isoman. Korwil SR Parera (Pati, Rembang dan Blora), Imam Teguh P. Menjelaskan komunitas SR yang berdiri sejak 2005 bergerak di bidang sosial. Dengan anggota relawan di Kabupaten Pati sejumlah 30 orang.

Pihaknya menilai SR turut prihatin atas semakin sulitnya mendapatkan stok oksigen bagi pasien yang menjalani isolasi mandiri. Oleh karena itu, SR membantu dan melayani peminjaman tabung oksigen.

Bahkan, tidak hanya melayani peminjaman tabung oksigen, melainkan juga melayani pengisian ulang oksigen bagi masyarakat yang sangat membutuhkan.

“Program Oksigen Gratis ini karena semakin sulit dan langkanya stok oksigen untuk pasien Covid-19 yang isoman. Maka kami tergerak untuk melayani dengan peminjaman tabung oksigen dan pelayanan isi ulang oksigen secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujar Teguh kepada Samin News, Kamis (22/7/2021).

Lebih lanjut, kata Teguh SR melayan peminjaman bagi masyarakat wilayah Kabupaten Pati. Adapun saat ini yang sudah terlayani antara lain meliputi wilayah Pati Kota, Kecamatan Juwana, Gabus, Pucakwangi, Winong, Margoyoso, hingga Tayu.

Dalam melayani peminjaman serta isi ulang oksigen, SR mempunyai dua jenis ukuran tabung oksigen, yaitu ukuran kecil dan besar. Dan jumlah tabung oksigen itu yang dipinjamkan puluhan lebih.

“Tabung oksigen kecil ukuran 1 M3 yang kami pinjamkan ada 20 tabung. Tabung oksigen besar ukuran 6 M3 untuk isi ulang ke tabung oksigen kecil kami sediakan 1-4 tabung untuk melayani isi ulang gratis kepada masyarakat yang membutuhkan,” ucapnya.

Teguh menjelaskan SR tergerak karena melihat banyak sekali nyawa melayang lantaran keterbatasan stok oksigen medis ini. Terutama pasien Covid-19 yang menjalani Isoman.

Bagi yang membutuhkan tabung oksigen, bisa menghubungi nomor Korwil SR Imam Teguh P. WA/telepon ke 081215077199.