Kemarin Pemakaman Jenazah Standar Protokol Covid-19 di Pati, Lambat Tapi Mulai Ada Penurunan

0
71
Proses pemakaman jenazah standar protokol Covid-19 oleh Tim Pemakaman Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati, Jumat (16/Juli) kemarin.(Foto:SN/dok-frpb)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Diawali Jumat (16/Juli) 2021 kemarin dengan  kemunculan harapan bahwa saatnya siapa pun harus tetap optimistis dalam menghadapi masa pandemi yang sudah lebih dari satu tahun belum juga berhenti ini. Sebab, tanda-tanda terutama berkait dengan turunnya jumlah kematian yang arus dimakamkan standar protokol Covid-19 meskipun lambat tapi pasti, mulai menurun.

Harapannya, dari para personel anggota tim pemakaman Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan juga tim desa beserta seluruh masyarakat untuk hari ini, Sabtu (17 Juli) serta hari-hari mendatang nanti terus bergerak turun sampai benar-benar hilang. Dengan kata lain, bahwa lambat tapi pasti hal itu akan terjadi karena ibarat orang berjalan memang harus ada batas untuk berhenti, atau dari sejak awal tentu harus ada akhirannya.

Sebenarnya, papar Koordinator Tim Pemakaman BPBD Pati, Khayun Fulanun, kemarin di Pati hanya berlangsung 10 pemakaman jenazah standar protokol Covid-19. ”Akan tetapi ada tambahan kiriman satu jenazah dari Rimah Sakit (RS) Hermina Tangerang, Jawa Barat (Jabar) ke Desa Gebang, Kecamatan Gabus, sehingga jumlahnya menjadi 11 jenazah,”ujarnya.

Dibanding hari-hari sebelumnya, lanjut dia, sedikit penurunan ini bagi seluruh tim tetap menjadikan lega karena pada malam harinya sudah tidak ada tambahan lagi. Sebab, data dari jumlah pemakaman sebanyak itu masuk ke pihaknya sejak pagi hari pukul 07.00 s/d pukul 17.00 yang ternyata malam harinya tidak ada penambahan.

Sedangkan Sabtu (17/Juli) 2021 hari ini kendati sudah masuk daftar yang harus dimakamkan standar protokol Covid-19 sebanyak 4 jenazah, tapi harapnnya agar jumlah tersebut benar-benar hanya itu saja. Dengan demikian, siang hingga sore hari nanti  jangan sampai ada penambahan, dan akan lebih baik lagi jika untuk hari-hari berikutnya juga sama.

Untuk jenazah yang dimakamkan standar protokol tersebut di hari Jumat kemarin, tim Pati 1 cukup (2 jenazah). Pati 2 (utara) juga (2 jenazah), Pati 3 (3 jenazah), tim Pati 4 (2 jenazah) ditambah (1 jenazah) dimakamkan atas permintaan sendiri (APS). ”Sedangkan jenazah yang harus dimakamkan hari ini, satu di antaranya oleh tim Pati 2, yaitu di Desa Tayu Wetan, Kecamatan Tayu,”imbuhnya.