Gusdurian Peduli Prawoto Bagi Paket Sembako untuk Pasien Isoman di Tlogowungu

0
30
Relawan Gusdurian Peduli Prawoto saat memberikan paket sembako bagi pasien Covid-19 di Tlogowungu, Kamis (29/7/2021)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pandemi Covid-19 yang muncul lebih dari setahun ini mengakibatkan aktivitas masyarakat terganggu. Bak jeruji yang mengungkung semua lini yang pada akhirnya kita menyesuaikan kebiasaan baru serta mematuhi prokes saat beraktivitas.

Akan tetapi, meski begitu di sisi lain hal yang patut disyukuri adalah dipicu lantaran pandemi ini budaya gotong royong justru semakin nampak. Banyak pihak, mulai dari pemerintah, pengusaha hingga komunitas bergerak bersama menanggung beban yang dipikul dengan memberikan bantuan kepada siapa saja yang membutuhkan.

Sebab karakter bangsa Indonesia, adalah kuatnya budaya gotong royong. Budaya inilah yang menjadi salah satu pilar kokohnya bangsa ini hingga sekarang.

Salah satu contoh budaya gotong royong dalam rangka penanganan Covid-19 adalah sebagaimana dilakukan oleh para relawan ‘Gusdurian Peduli’  Prawoto, Pati bekerjasama dengan NU Peduli Kemanusiaan membagikan paket sembako untuk para pasien isolasi mandiri (Isoman).

Relawan Gusdurian Prawoto yang berada di bawah koordinasi Yayasan Jaringan Gusdurian Peduli bersama relawan NU Peduli Kemanusiaan PCNU Kabupaten Pati membagikan paket sembako di enam desa di Kecamatan Tlogowungu, Kamis (29/07/2021). Dalam pembagian paket sembako, jajaran Muspika Tlogowungu juga ikut mendampingi para relawan.

Bahkan, tak hanya pembagian paket sembako untuk pasien Isoman. Melainkan relawan Gusdurian Peduli ini juga menyumbangkan perlengkapan APD untuk relawan pemakaman jenazah Covid-19 yang tergabung dalam LPBI NU Kabupaten Pati, NU Peduli Kemanusiaan.

Penyerahan APD bertempat di kantor PCNU Kabupaten Pati diterima oleh yang mewakili pihak LPBI NU Kabupaten Pati. Dan ia berharap ketersediaan APD yang memadai dapat memberi kenyamanan dan keamanan bagi relawan yang bertugas.

Sejak awal pandemi Gusdurian Prawoto dikenal giat dalam melakukan kerja sosial dan kemanusiaan. Di antaranya membagikan ratusan paket sembako, paket sehat, dan suplemen kepada masyarakat terdampak covid-19 yang tidak hanya di wilayah Kabupaten Pati. Bahkan sampai Kabupaten Kudus juga Rembang.