Tiga dari Enam Pemadam di Tempat Tambahan Sudah Selesai Dikerjakan

0
43
Tambahan pemadam kebakaran di tempat untuk Pasar Puri Baru yang dikerjakan Tahun 2021 ini sudah jadi.(Foto:SN/dok-wid)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sedia payung sebelum hujan, meskipun itu hanya sekadar pepatah tapi menyangkut demi kepentingan banyak orang. Jika demi untuk menjaga keselamatan harta benda milik para pedagang pasar, tentu jumlah mereka dalam satu pasar tentu tidak hanya sekadar berjumlah 100 maupun  200 orang, melainkan bisa lebih dari 1.000 orang.

Sebut saja di antaranya, adalah pedagang Pasar Puri Baru, dan juga Pasar Tayu, serta masih ada pasar lainnya, seperti Pasar Juwana dan juga Pasar Kayen. Dengan demikian, kelengkapan untuk menjaga keselamatan tersebut salah satunya adalah dari ancaman kebakaran, sehingga di lingkungan pasar harus disediakan pemadam kebakaran instan atau yang ditempat di lokasi lingkungan pasar.

Bahkan, papar salah seorang penanggung jawab pengelolaan pasar di Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, Widyo, saat ini sudah ada tiga pasar yang mempunyai pemadam kebakaran di tempat. ”Tidak hanya itu, masing-masing pasar tersebut juga sudah mempunyai dua unit sehingga bisa menjangkau lingkungan dalam pasar itu jika harus menghadapi musibah kebakaran,”ujarnya.

Tambahan pemadam kebajaran di tempat yang sudah selesai dikerjakan, untuk Pasar Sleko Pati.(Foto:SN/dok-wid)

Adapun ketiga pasar dimaksud, lanjutnya, adalah Pasar Puri Baru, Pasar Sleko, dan Pasar Tayu, karena sebelum itu sudah mempunyai satu unit pemadam jenis yang sama. Yakni, mempunya bak tampungan air di atas ketinggian atau tower, dilengkapi pula dengan sumur pompa dengan daya listrik tapi jika listrik padam saat terjadi kebakaran ganti hidran yang dihidupkan mengguanakan genset.

Dari hidran tersebut bisa disambungkan dengan slang panjang lebih dari 200 meter, dan di bagian tengahnya juga bisa dipasang pompa pendorong. Dengan demikian, air yang disemprotkan ke bagian yang terbakar tetap mempunyai dorongan cukup kuat, sehingga hal itu bisa dilakukan oleh petugas sambil menunggu datangnya regu pemadam kebakaran dalam jumlah yang lebih banyak.

Karena itu, setelah sebelumnya satu unit pemadam tersebut disedikan di Pasar Puri, Sleko, dan Pasar Tayu juga di Pasar Kayen tapi tambahan satu unit di pasar yang disebut terakhir belum jadi. ”Demikian pula yang dibangun satu unit lainnya, seperti di Pasar Bulumanis dan Pasar Wedarijaksa sampai saat ini masih dalam proses,”imbuhnya.