PPDB Jenjang SMA dan SMK di Jateng Dimulai 21 Juni

0
12
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Tengah, Sunoto. (Saiful Anwar/Samin News)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) Provinsi Jawa Tengah bagi jenjang SMA dan SMK tahun ajaran 2021/2022 bakal dibuka mulai 21 Juni 2021. Namun sebelum mendaftar PPDB online itu, calon peserta didik memiliki pin.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa, Sunoto mengatakan PPDB tingkat SMA negeri dan SMK negeri di Provinsi Jawa Tengah dimulai tanggal 14 s/d 19 Juni.

“Dan kini sudah mulai dengan mengisi aplikasi token atau pin. Sebelum mendaftar PPDB, calon peserta didik baru harus memiliki token atau PIN terlebih dahulu,” katanya kepada Samin News, Selasa (8/6/2021).

Pendaftaran hari pertama PPDB SMA dan SMK di Jawa Tengah dimulai 21 Juni pukul 07.00 wib dan ditutup tanggal 24 Juni pukul 16.00 wib. Calon peserta didik baru mendaftar secara online di web yang telah disediakan ppdb.jatengprov.go.id.

Tangkapan layar PPDB SMA dan SMK di Jawa Tengah

Adapun ketentuan jalur penerimaan tahun ajaran baru 2021-2022 ini masih sama dengan tahun sebelumnya. Dengan empat jalur, mulai dari zonasi, perpindahan tugas orang tua, jalur afirmasi yang ditujukan bagi siswa dari keluarga tidak mampu dan jalur siswa berprestasi.

Namun demikian, ada perbedaan dalam segi kuota yang ditetapkan oleh pemerintah. Misalnya jalur zonasi dulu 55 persen, sekarang 50 persen. Afirmasi dulu 15 menjadi 20 persen.

“Pengaturan PPDB jenjang SMA dan SMK yaitu ada empat jalur, yaitu zonasi, perpindahan orang tua, afirmasi dan prestasi. Dengan ketentuan zonasi 55 persen, perpindahan orang tua 5 persen, afirmasi 20 persen serta prestasi juga 20 persenc,” lanjut Sunoto.

Jadwal PPDB itu, kata dia untuk program reguler. Sedangkan sekarang ada program kelas keolahragaan. Dan di Kabupaten Pati adalah SMA Negeri 3 Pati yang sudah menyelenggarakan program tersebut.

“Bahkan kelas khusus olahraga (KKO) itu sudah ada pendaftarnya sudah menerima siswa. Dan di Kabupaten Pati itu yang menyelenggarakan program KKO di SMA 3 Pati. Jadwalnya mendahului (lebih awal, red),” tandasnya.