Pemkab Pati Sediakan Tempat Isolasi Tambahan, Ganjar Sebut Bed Isolasi Longgar

0
37

SAMIN-NEWS.com, PATI – Gubernur Jawa Tengah mengapresiasi penanganan Covid-19 di Kabupaten Pati. Meski belakangan di Pati penyebaran Covid-19 cukup mengkhawatirkan, namun Menurut Ganjar kondisi Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit cukup longgar. BOR ini adalah persentase pemanfaatan tempat tidur bagi pasien yang dalam hal ini adalah pasien Covid-19.

“Di RSUD Soewondo ada gedung lama dijadikan tempat isolasi, di sini ada juga. Untuk ICU memang penuh, tapi saya sudah minta ada konversi ICU umum untuk Covid-19 dan mereka siap,” kata Ganjar.

Pemkab Pati menyediakan tempat isolasi tidak hanya di rumah sakit Soewondo, di Ruang Wijaya Kusuma melainkan menyewa lagi di Hotel Kencana yang beberapa bulan lalu telah digunakan sebagai isolasi.

Dengan begitu, hal ini membantu dalam hal fasilitas menyediakan tempat tidur bagi peserta isolasi. Serta penanganan Covid-19 yang baik. Ia menyebut, orang yang menjalani isolasi juga tidak ada masalah.

Ganjar Pranowo
anjar saat mengunjungi RSUD Soewondo

“Saya lihat pasiennya juga senang, mereka bisa dirawat di sini, aman dan tempatnya bagus. Menurut saya ini penanganan yang oke, dan kalau daerah lain bisa meniru, ini lebih baik,” ungkapnya.

Meski demikian, ia mengingatkan agar tetap menerapkan protokol kesehatan, edukasi kepada masyarakat serta operasi yustisi yang terus digalakkan pada tempat kerumunan masyarakat. Dan langkah ini dimungkinkan bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Saya juga minta semua kepala daerah khususnya yang zona merah dan sekitarnya untuk membuat kesepakatan bersama. Mana-mana yang boleh, mana yang tidak boleh, tempat wisata, tempat ibadah dan kegiatan sosial bagaimana aturannya. Kalau itu dilakukan, maka bisa mencegah penyebaran,” ujarnya.

Bupati Pati Haryanto menerangkan Hotel Kencana sebagai tempat isolasi akan membantu pelayanan kesehatan utamanya terkait tempat isolasi.

Menurutnya penyebaran Covid-19 di Pati sempat mereda, namun kembali naik lagi. Oleh sebab itu, Pemkab Pati menyewa Hotel Kencana untuk pusat isolasi.

“Ini kami sewa sejak dulu, tapi karena sempat mereda, kami hentikan sewanya. Sekarang kami sewa lagi. Dengan adanya tempat isolasi terpusat ini, BOR kami di rumah sakit jadi terbantu,” jelasnya.