Mulai Bulan Januari Insentif Nakes Belum Dibayar

0
42
Ilustrasi : Tenaga kesehatan yang tengah kelelahan dalam menangani pasien Covid-19. (Istimewa/Samin News)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Beberapa tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Pati belum memperoleh haknya yaitu insentif penanganan Covid-19. Nakes sebagai garda depan dalam penanganan pandemi Covid-19 ini belum menerima insentif mulai dari bulan Januari 2021.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati menyatakan keterlambatan pembayaran insentif tenaga kesehatan (nakes) mulai bulan Januari 2021 itu sudah dicermati oleh Dinas Kesehatan (Dinkes). Dan dalam waktu dekat akan dibayarkan kepada nakes yang bersangkutan.

“Terkait insentif nakes dari bulan Januari belum dibayar, itu sudah dicermati oleh Dinkes, dalam waktu dekat akan dibayarkan. Itu hanya teknis semuanya bakal dibayarkan, ini masalah keterlambatan,” kata Bupati Pati Haryanto.

Sebelumnya salah seorang nakes di rumah sakit Kabupaten Pati mengatakan hak insentifnya terakhir dibayar Desember akhir tahun 2020.

Mengingat peran nakes sangat vital, maka hal ini seyogyanya tidak terjadi. Pemerintah daerah agar lebih memperhatikan mereka. Haryanto memastikan insentif nakes akan segera dibayarkan dan ditindaklanjuti.

“Jangan khawatir, kalau tidak dibayar kasihan terlebih petugas penanganan Covid-19 tim medis adalah garda depan. Ini dari Sekda selaku ketua TAPD sudah menindaklanjuti, karena kita tidak mungkin merugikan petugas kesehatan,” pungkasnya.