Pemdes Margorejo Upayakan Kesejahteraan Warga

0
277
Kades Margorejo, Kecamatan Margorejo, Haryono.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Desa Margorejo, Kecamatan Margorejo berupaya meningkatkan pemerataan pembangunan di wilayahnya. Tujuannya adalah memeratakan perekonomian warga lokal dengan ikut terlibat dilalam proses penggarapannya.

“Pemerataan pembangunan tidak hanya satu titik, melainkan beberapa tempat yang dikerjakan bersama. Kemudian akan kami serahkan kepada masing-masing wilayah untuk penggarapnya,” ujar Kades Margorejo, Kecamatan Margorejo, Haryono di balaidesa setempat, Rabu (2/6/2021).

Lebih lanjut katanya misalnya pembangunan di wilayah RW 1 juga digarap oleh warga setempat, dan begitu pun seterusnya. Ini juga memberi akses memberi kesempatan pemerataan pendapatan bagi warga.

Di samping program pemerataan pembangunan, Pemdes Margorejo juga bakal memberdayakan masyarakat melalui program pembuatan pupuk organik. Dan sekarang ini, pihaknya masih merembuk terkait usaha pupuk organik.

“Ini untuk kemakmuran warga. Sekarang ini dua personil kami perintahkan untuk belajar dan praktik dari biayanya sendiri,” jelas dia.

Haryono menegaskan jika nanti sudah berhasil, maka akan kita tunjang dengan data serta akan kita kembangkan. Bahannya dari kotoran ternak, keong, pohon pisang yang bisa diperoleh dari lingkungan sekitar yang nantinya akan difermentasi.

“Jenis pupuk dari kotoran hewan nanti jadi pupuk padat, sementara pohon pisang dan keong jadi pupuk cair,” tambahnya.

Pembuatan usaha pupuk organik ini lantaran petani tidak bisa menggunakan pupuk kimia secara terus menerus. Pasalnya, tanah juga perlu diperhatikan berkait dengan unsur-unsurnya. Maka benar-benar harus dijaga demi kelestarian lingkungan tanah.

“Alasannya jika selalu menggunakan bahan kimia akan merusak struktur tanah. Sehingga kalau bisa kita kembalikan menjadi tanah yang produktif. Kita berusaha beralih ke pupuk organik,” tutup Haryoso.