Bupati Minta Lockdown Lokal Bagi Kecamatan Zona Merah

0
94
Bupati Pati, Haryanto dalam acara upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan di Pendopo, Kamis (10/6/2021).

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Kabupaten Pati meminta bagi wilayah yang zona merah kasus penyebaran pandemi Covid-19 untuk lockdown lokal atau terbatas pada lingkungan yang dimaksud. Masyarakat agar tidak keluar-masuk dari lingkungannya.

“Zona merah lockdown lokal itu Kecamatan Gabus, Sukolilo, Margoyoso Tayu Wedarijaksa Trangkil merah,” kata Bupati Pati, Haryanto dalam acara upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan di Pendopo, Kamis (10/6/2021).

Pemkab Pati mengaku bakal membantu dengan mendistribusikan bantuan logistik bagi wilayah yang menerapkan lockdown lokal. Hal itu untuk mengatur pergerakan masyarakat agar tetap di tempat tinggalnya.

Haryanto mengatakan Pemkab Pati membantu pengiriman bahan sembako. Namun dibantu juga dengan unsur pemerintah setempat. Dan masyarakat lingkungan sekitar digerakkan. Utamanya dalam penanganan kasus positif covid-19.

“Kita harus bersatu padu, tidak terbatas pada malam hari melainkan siang juga sore. Kalau sudah darurat ini menjadi perhatian nasional, maka segera bertugas,” tegas Haryanto.

Beberapa hari lalu, Kapolri, Panglima TNI serta Kepala BNPB menyambangi Kabupaten Pati dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 di daerah. Kabupaten Kudus notabenenya berdekatan dengan Pati menjadi perhatian dan fokus pemerintah pusat.

Oleh sebab itu, pihaknya juga meminta bagi puskesmas masing-masing agar menyiapkan sarana dan prasarana dalam penanganan medis pasien Covid-19. Dan atau menyiapkan tempat isolasi bagi orang suspek dari tracing, tracking yang dilakukan.

“Puskesmas untuk menyiapkan tempat isolasi terpusat. Membantu isolasi. Saya pantau nanti,” pungkas Haryanto.