Budha Tzu Chi Korlap Pati dan Kelenteng Hok Tik Bio Salurkan Bantuan Ribuan Masker ke Rumah Sakit

0
49
Perwakilan dari Budha Tzu Chi dan Kelenteng Hok Tik Bio Pati saat menyalurkan bantuan ribuan masker ke beberapa rumah sakit, baik ke RSI, Fastabiq Sehat, Sebening Kasih dan KSH Tayu.(Foto:SN/dok-edd)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Salah satu upaya dalam mematuhi pelaksanaan protokol kesehatan (Prokes), adalah setiap orang dalam kondisi di masa pandemi Covid-19, yaitu memakai maskr. Harapannya tentu saja, antara satu dan yang lainnya tidak mudah tertular maupun menularkan virus tersebut.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, papar Koordinator Lapangan (Korlap) Budha Tzu Chi Pati yang juga dari Kelenteng Hok Tik Bio setempat, Eddy Siswanto, saat ini kembali menyalurkan bantuan masker. Adapun alokasi sasaran bantuan tersebut adalah rumah sakit (RS) di Pati, seperti Rumah Sakit (RS) Fastabiq Sehat. dan juga Rumah Sakit Islam (RSI) Margoyoso.

Hal itu, paparnya, dalam kondisi seperti sekarang jajaran personel tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di rumah sakit tentu membutuhkan pelindung tersebut. ”Sebab, setiap hari jajaran personel kesehatan di rumah sakit inilah yang harus selalu berhadapan dengan banyak orang yang membutuhkan layanan kesehatan,”ujarnya.

Karena itu, lanjut dia, risiko  jajaran nakes di rumah sakit ini tentu lebih rentan berhadapan dengan penularan virus Covid-19. Sehingga bantuan masker harus diberikan, karena paling tidak akan membantu mengurangi sedikit risiko terjadinya penularan, mengingat yang harus dihadapi untuk diberikan pelayanan tentu saja pasti ada orang yang tanpa gejala (OTG).

Dengan demikian, bantuan masker tentu menjadi penting agar penyebaran virus tersebut tidak mudah menyebar ke mana-mana, karena satu di antara yang lainnya sudah memakai pelindung. Untuk keperluan tersebut, bantuan masker yang seluruhnya sebanyak 25.000 lembar tersebut, kepada masing-masing rumah sakit diberikan 3.000 lembar.

Mengingat jumlah rumah sakit di Pati selain RSI, Fastabiq Sehat, Sebening Kasih, Budi Agung Juwana, Mitra Bangsa Pati, dan KSH Pati juga masih ada Ruimah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kayen. ”Selebihnya masih ada pula RS As-Suyuthiyyah di Guyangan, dan juga RSUD RAA Soewondo Pati, sehingga bagi RS yang belum menerima bantuan bisa menuggu sementarara waktu,”imbuhnya.