Tahun ini THL di Pemkab Pati Sejumlah 1701 Orang

0
23
Kepala Bidang Formasi dan Jabatan, Rizki Hermanu S.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Jumlah THL tahun 2021 ini adalah 1701 orang dari keseluruhan Dinas semuanya ada. Kinerja dan produktivitas oleh Tenaga Harian Lepas (THL) sangat vital untuk membantu jalannya roda pemerintahan di Kabupaten Pati.

THL bekerja di kantor dinas atau instansi pemerintahan, namun statusnya bukan pegawai pemerintah atau ASN. Meski demikian, jumlah ASN di Pati yang relatif kurang, maka dibutuhkan tenaga mereka.

Untuk itu, organisasi perangkat daerah (OPD) membutuhkan THL untuk membantu tugas kerja masing-masing perangkat. Dan jumlah THL di lingkungan Pemkab Pati totalnya ribuan orang.

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) mengatakan OPD di Pati pada awal tahun ini membuka rekrutmen THL. Bagi instansi pemerintah yang membuka rekrutmen tersebut adalah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) serta RSUD.

“Untuk tahun ini OPD yang merekrut THL adalah Satpol PP serta RSUD Soewondo. Sedangkan jumlah THL tahun 2021 di pemerintahan kabupaten Pati ini sebanyak 1701 orang dari keseluruhan dinas semuanya ada,” kata Kepala Bidang Formasi dan Jabatan, Rizki Hermanu S.

Menurutnya, jumlah tersebut sudah termasuk THL di RSUD yang berjumlah 27 orang, yang perekrutannya sebelum Januari lalu. Kemudian THL di Satpol PP 30 orang pada bulan Januari.

Pengangkatan THL, lanjut Rizki dasarnya berdasarkan kebutuhan pegawai untuk membantu kinerja dinas/instansi.

“Penentuan kebutuhan itu dinas/instansi mengajukan. Seandainya kita kekurangan tenaga PNS yang ditetapkan Menpan itu dibantu dengan THL,” Rizki menjelaskan.

Terkait dengan data jumlah THL yang akan direkrut ke depan, pihaknya menyatakan tidak tahu pasti. Karena kebutuhan perekrutan THL merupakan di wilayah masing-masing OPD.

“Pengangkatan berdasarkan keputusan dari instansi OPD karena yang menyeleksi lingkup OPD. Kemudian dilaporkan atau dimintakan rekomendasi dari BKPP,” katanya.