Segmen 2 Jakenan-Jaken Dimulai Hari Ini

0
12
Pelaksanaan pekerjaan pelapisan AC-WC di segmen 2 ruas jalan Jakenan-Jaken.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Masyarakat yang tiap hari sebagai pengguna jalan di ruas Jakenan-Jaken, paling tidak di akhir bulan ini (Mei) sudah bisa meikmati mulusnya ruas jalan tersebut. Hal itu merupakan hasil tahap akhir paket peningkatan ruas jalan yang dibagi menjadi dua segmen.

Masing-masing segmen I sepanjang 935 meter, dan lebar 6 meter mulai dari ujung perempatan Sleko sampai depan Kantor Kecamatan Jakenan. Di ruas jalan ini tahapan pekerjaan ini berupa pelapisan ”Asphalt Councret Wearing Course” (AC-WC) atau lapisan aus dengan ketebalan 4 cm sudah selesai kemarin.

Hal tersebut dibenarkan pengawas lapamgan dari Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Samijan ST, sehingga untuk pelaksanaan pekerjaan yang sama sudah dimulai di segemen II. ”Yakni, di ujung pertigaan Desa Plosojenar yang merupakan perbatasan Jakenan-Jaken,” ujarnya.

Saling bahu membahu dalam pelaksanaan pekerjaan pelapisan AC-WC ruas jalan Jakenan-Jaken segmen 2.

Untuk segmen 2 ini, lanjut Samijan, pelapisan AC-WC atau lapisan aus ini pelaksanaan pekerjaannya akan memakan waktu sekitar lima hari. Sebab, panjangnya mencapai 2.890 meter dan lebar 6 meter, dan jika tuntas akan dilanjutkan dengan tahap akhir pekerjaan.

Adapun pekerjaan dimaksud, yaitu pelapisan beton pada bahu jalan dengan lebar 50 cm dan ketebalan 12 cm. ”Sedangkan yang dikerjakan terlebih dahulu, adalah bahu jalan pada segmen 1 yang pada sisi kiri dan kanan,” tambahnya.


Pelaksanaan pekerjaan pelapisan AC-WC di ruas jalan Jakenan-Jaken segmen 2 yang dimulai, Rabu (19/Mei) hari ini.

Sedangkan di segemen 2 meskipun ada bahu jalan yang harus dicor beton, tapi tidak keseluruhan baik di sisi kiri maupun kanan. Dengan demikian pada segmen ini, untuk bahu jaan cor beton adalah spot per spot, karena tidak semua bagian tepi kedua sisi bisa dimanfaatkan untuk bahu jalan.

Hal itu disebabkan, sisa daerah milik jalan yang tersedia setelah dilakukan pelebaran sisi kiri dan kanan sehingga lebar jalan menjadii 6 meter, sudah tidak tersedia lagi untuk bahu jalan. ”Terlepas dari hal tersebut, dari sisi lebar jalan sudah maksimal karena saat ini sudah mencapai 6 meter,” imbuhnya.