Polsek Sukolilo Kumpulkan Pemudik Dilakukan Swab Antigen

0
58
Kapolsek Sukolilo, Iptu Sahlan SH MM memberikan pengarahan kepada warga yang baru datang mudik.(Foto:SN/dok-sah)

SAMIN-NEWS.com, PATI –  Kesepakatan  bersama Muspika Kecamatan Sukolilo dan jajaran lintas sektoral lainnya, adalah mendatangi, serta mengumpulkan para pemudik di wilayahnya yang baru datang dari rantau. Mereka kemudian dilakukan swab antigen, dan imbauan menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing.

Tujuannya, yaitu untuk memastikan bahwa para pemudik tersebut benar-benar tidak terpapar Covid-19. Dengan demikian, mereka bisa berkumpul dengan keluarga mapun warga lainnya, sehingga jangan sampai kepulangannya ke kampung halaman ini justru membawa masalah bagi keluarga dan warga lain di lingkuangannya.

Apalagi, papar Kapolsek Sukolilo, Iptu Sahlan SH MM, jika tidak memunculkan penyebaran Covid-19 untuk klaster baru, yaitu pemudik. Dengan demikian, pihaknya bersama  Muspika kecamatan setempat, dan jajaran lintas sektoral lainnya, seperti Puskesmas Sukolilo II pun bergerak cepat.

Sebanyak 27 pemudik yang baru datang dari rantau, dikumpulkan di Posko PPKM Mikro Desa Prawoto. ”Selanjutnya, tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Sukolilo II melakukan swab antigen terhadap mereka,” ujarnya.

Suasana pelaksanaan swab antigen kepada warga yang baru datang dari tempat rantau oleh petugas jajaran Puskesmas Sukolilo II.(Foto:SN/dok-sah)

Upaya tersebut dilakukan, lanjut Sahlan,  juga sebagai salah satu langkah Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pati dan Polres yang selama ini terus melakukan penekanan dan pemutusan penyebaran virus tersebut di tengah-tengah masyarakat. Karena itu, pihaknya bersama jajaran Muspika dan lintas sektoral lainnya harus melaksanakan hal itu secara maksimal.

Dengan demikian, pemberian swab antigen kepada para pemudik yang baru datang dari rantau, tentu merupakan salah satu  bagian dari upaya tersebut. Daru hasil swab antigen para pemudik, warga Desa Prawoto ini juga patut disyukuri.

Sebab, semuanya  negatif, seperti hasil swab antigen terhadap Zainudin Almas yang baru pulang dari Jakarta, dan M Awaluddin yang juga baru pulang dari Jakarta. Kebanyakan dari mereka adalah perantau di Jakarta, tapi ada juga yang dari Tangerang.

Sedangkan kedatangannya di desa asal, yaitu Sabtu (8/Mei) dan Minggu (9/Mei) 2021,  tapi Senin kemarin pihak bersama jajaran lintas sektoral langsung bergerak mengumpulkan dan melakukan swab terhadap mereka. ”Hasil untuk seluruhnya memang negatif,” imbuhnya.