Pendataan Pemudik di Margorejo, Di antaranya Positif Swab

0
15
Camat Margorejo, Luky Pratugas Narimo.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Camat Margorejo, Luky Pratugas Narimo mengingatkan perayaan Idul Fitri di tengah pandemi tidak mengurangi makna dan hikmatnya. Sama seperti di tahun 2020 boleh saja merayakan lebaran, namun yang diperhatikan adalah penerapan protokol kesehatan (prokes).

“Tetapi di satu sisi diharap euforia kemenangan setelah ibadah puasa namun protokol kesehatan dilakukan dengan ketat. Jangan sampai justru setelahnya karena kendor angka positif nambah,” kata Luky di kantornya, Senin (10/5/2021).

Di samping penerapan prokes, pihaknya juga mewanti-wanti mobilitas para perantau. Setelah kepulangan pemudik barangkali lolos penyekatan itu yang perlu kita waspadai. Dengan mobilitas warga dari luar daerah.

Oleh sebab itu, Luky mengupayakan jika ada pemudik di wilayahnya maka ada laporan dari desa kepada Satgas Kecamatan. Untuk selalu koordinasi dengan desa, jika ada pemudik itu wajib lapor. Semua pemudik kita arahkan rapid antigen di Puskesmas.

Dari pendataan yang dilakukan oleh Satgas Covid-19 Kecamatan Margorejo, ia menyebut saat ini terdapat satu di antaranya yang diketahui positif swab antigen.

“Di antaranya ada satu positif antigen itu langsung diminta isolasi di Wijaya Kusuma. Dan lainnya diminta isolasi mandiri di rumah dengan pantauan Satgas Jogo Tonggo,” tegasnya.

Kapolsek Margorejo, Purwito menambahkan upaya lain dari pemerintah untuk mengendalikan Covid-19 yakni penyekakatan di depan dua kelinci. Di tempat itu dibuat pos pengamanan yang terdiri dari dari petugas gabungan. Baik tim kesehatan maupun tim aparat penertiban.

“Untuk antisipasi pemudik serta pengendalian Covid-19, selain itu kita pendataan pemudik dan saat ini sekitar 30 orang pemudik di Margorejo,” ucap Purwito.

Lebih lanjut kata dia pemerintah berkomitmen menerapkan protokol yang berlaku. Lebih-lebih menjelang perayaan takbiran, yang mana dilarang takbir keliling. Terkait dengan takbir boleh dilaksanakan hanya di mushola dan masjid masing-masing.