Kendati Ruas Jalan Belum Mulus; Minimal Aman Tidak Terperosok ke Lubang

0
51
Salah satu ruas jalan yang sebelumnya rusak dan memunculkan banyak lubang, adalah Karangrejo, Juwana-Kuniran, Batangan, sudah selesai dilakukan penambalan.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kendati pemudik Lebaran dipastikan tidak sampai memadati ruas jalan kabupaten, tapi Pati tetap berupaya maksimal untuk bisa menutup kerusakan jalan. Utamanya adalah ruas jalan kabupaten yang cukup panjang, dan beberapa waktu lalu banyak lubang.

Karena itu, hal tersebut sampai Selasa (11/Mei) 2021 hari ini sampai batas Rabu (12/Mei) besok, pihak yang berkompeten setempat, yaitu Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, terus berupaya menutup lubang di banyak ruas jalan. Jika masih terdapat hal itu, paling tidak hanya tinggal beberapa ruas.

Sebab, papar Kepala Seksi (Kasie) Pemeliharaan Jalan Bidang Binamarga DPUTR setempat, Andi Vimala, pihaknya harus menangani ruas jalan di mana yang terdapat banyak lubang keruskan. ”Yang penting lubang tersebut ditutup, sehingga  pengguna jalan saat melintas tetap aman,” ujarnya.

Dengan demikian, lanjut dia, penambalan (patching) ruas jalan yang menjadi tanggung jawab pihaknya, sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Di antaranya, adalah perbatasan Pati-Kudus yang lewat Gembong-Dawe (Muria). Sedangkan perbatasan Pati-Kudus lewat Bulungcangkring, Kecamatan Jekulo-Cengkalsewu, Kecamatan Sukolilo, kondisinya masih baik.

Jika terjadi kerusakan, adalah yang melintas di Desa Kasiyan, Kecamatan Sukolilo yang akan dilakukan penambalan setelah dari timur. Yakni, antara Tambakromo-Kayen, termasuk ruas jalan yang sekitar Pasar Kayen.

Adapun kerusakan lainnya yang sudah selesai dilakukan penambalan, adalah antara Tambaharjo (Runting)-Guyangan. ”Selebihnya, adalah ruas jalan antara Karangrejo, Juwana-Kuniran, Batangan, dan yang belum tuntas akan diupayakan sampai Rabu (12/Mei) besok,” imbuhnya.