Melihat Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Pati

0
14
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Pati Anang Sarwoto.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati melaporkan data Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Indeks ini merupakan suatu indikator dalam rangka untuk mengukur pencapaian pembangunan sumber daya manusia (SDM) skala luas mulai bidang kesehatan, ekonomi serta pendidikan untuk kesejahteraan masyarakat.

Kondisi geografis Kabupaten Pati terdiri dari dataran tinggi, dataran rendah serta pesisir laut. Dan banyak yang bergerak di bidang pertanian dan kelautan seperti julukan Pati Bumi Mina Tani. Dari sektor ini yang menyumbang pendapatan ke dalam Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atau penghasilan pengelolaan dari potensi daerah.

“Kontribusi lapangan usaha pertanian pada tahun 2020 sebesar 25,59 persen terhadap PDRB Kabupaten Pati, sedangkan kontribusi lapangan usaha industri pengolahan dengan kontribusi sebesar 26,96 persen,” ucap Kepala BPS Pati, Anang Sarwoto laporan resminya, Senin (24/5/2021).

Lapangan usaha lain yang kontribusinya cukup besar pada PDRB Kabupaten Pati yaitu lapangan usaha perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor dengan kontribusi sebesar 14,19 persen.

Sedangkan dilihat dari angkatan kerja bagi penduduk di usia kerja sebesar 607.706 ribu, sedangkan pengangguran 30.244 ribu penduduk.

Di bidang pendidikan Persentase penduduk berumur 10 tahun ke atas menurut tingkat pendidikan tertinggi yang ditamatkan di Kabupaten Pati, 2018-2020 yaitu jenjang SD 26,73 persen.

“SMP 22,45 persen, SMA 18,27 persen, perguruan tinggi 6,06 persen,” lanjut bunyi data tersebut.

Tersedianya fasilitas sekolah yang mudah diakses merupakan hal yang penting. Faktor jarak tempuh mungkin menjadi bahan pemikiran, jarak sekolah yang relatif jauh akan menyebabkan biaya yang cukup tinggi. Oleh karena itu, semakin banyak fasilitas pendidikan juga semakin baik bagi pembangunan manusia.