Kembali Lantik Kades Terpilih, Bupati : Jangan Ada Pesta

0
14
Bupati Pati, Haryanto saat melantik Kades terpilih.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Hari ini Bupati Pati Haryanto kembali melantik kepala desa terpilih hasil dari Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021 di Pendopo Kabupaten Pati, Senin (24/05/2021).

Sebelumnya, pelantikan yang disiarkan secara live melalui kanal Youtube Humas Pati tersebut, digelar dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Diketahui, prosesi pelantikan dijadwalkan dalam empat sesi yang dilaksanakan pada Sabtu kemarin dan hari ini. Pada sesi ketiga yang gelar hari ini, dilaksanakan pelantikan 61 kades dari lima kecamatan. Sedangkan sesi keempat, terdapat 51 kades dari lima kecamatan yang dilantik bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Haryanto mengungkapkan pelantikan yang dibagi dalam beberapa sesi tersebut dimaksudkan sebagai salah satu upaya mencegah penularan covid-19

“Meskipun dilaksanakan dalam beberapa sesi sehingga membutuhkan waktu dan tenaga lebih, tidak apa-apa asal kita semua tetap mematuhi prokes sehingga pelantikan berjalan aman dan nyaman,” terangnya.

Sebagai upaya pencegahan lainnya, Haryanto juga melarang adanya gelaran pesta usai pelantikan. Menurutnya gelaran pesta kades usai pelantikan berpotensi menyebabkan penularan covid-19.

“Tidak boleh ada pesta, hiburan yang memicu kerumunan. Syukuran boleh saja asal hanya sekedar kirim makanan, silahkan,” jelasnya saat memberi sambutan pelantikan.

Lanjutnya, Ia mengaku semalam menegur salah satu kecamatan yang kedapatan melanggar peraturan tersebut.

“Harus patuh pada aturan pemberlakuan PPKM yang diadakan selama ini. Hal ini harus diperhatikan agar nanti tidak muncul klaster baru usai pelantikan,” tegasnya.

Diakhir kesempatan, Haryanto mengucapkan selamat kepada seluruh kepala desa terpilih atas amanat yang sah diembannya sejak dinyatakan dalam pelantikan.