Hingga Kini Dinkopumkm Distribusikan 125 Parcel Lebaran Produk UMKM

0
24

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sebanyak 125 paket produk UMKM didistribusikan oleh Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkopumkm). Paket produk UMKM itu disalurkan dalam bentuk parsel yang diberikan menjelang hari raya.

“Pembelian produk UMKM oleh OPD (organisasi perangkat daerah) atau jajaran instansi pemerintah dalam bentuk parsel,” kata Kepala Bidang UMKM, Kristiyanto, Sabtu (8/5/2021).

Bahkan, pihaknya menyebut pemesanan parcel dari produk UMKM ini juga berasal dari perbankan juga perusahaan badan usaha milik daerah (BUMD). Maka semakin banyak yang pesan, juga selaras dengan peningkatan pemasaran oleh pelaku umkm.

Mengapa demikian, pasalnya kondisi perekonomian para pelaku UMKM cukup berimbas dengan munculnya wabah pandemi Covid-19. Hingga kini lebih dari setahun kita dihadapkan dengan persoalan virus, lantas menyebabkan dampak yang besar. Termasuk juga pelaku UMKM di Kabupaten Pati.

Oleh sebab itu dengan banyaknya pesanan parsel UMKM, Kristiyanto menjelaskan akan sangat membantu mereka. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya perhatian pemangku kebijakan kepada pelaku umkm di tengah ketidakjelasan kapan selesai pandemi.

“Tujuannya itu ya sebagai pemberdayaan pelaku usaha UMKM di saat pandemi,” terangnya.

Jumlah ini merupakan tambahan dari sebelumnya pihaknya mengaku hanya ada 100 pesanan parsel produk UMKM. Pada saat itu pihaknya menyebut ada tiga opsi produk umkm. Pertama paket umkm senilai Rp 300 ribu, kedua Rp 400 ribu dan paket Rp 500 ribu. Adapun perbedaannya adalah terletak pada isi parsel mulai dari 10 hingga 14 jenis.