Dengan Susah Payah, Yayasan Al-Khidmah Winong Salurkan Bantuan di Dua Desa

0
91
Saat penyaluran bantuan dilaksanakan.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Yayasan Al-Khidmah Kecamatan Winong tergerak hatinya dalam membantu sesama saudara. Terlebih dalam momentum bulan puasa ini, mereka para pengurus terus membagikan bantuan baik kepada anak panti maupun kepada masyarakat umum.

Salah seorang pengurus Yayasan Al-Khidmah, Sunaryo menyatakan bahwa pihaknya memberikan bantuan kepada siapa saja tidak memandang suku, agama dan ras. Karena dimaksudkan diberikan yang memang benar-benar membutuhkan.

“Diserahkan di dua desa, yaitu Desa Kedung winong dan Desa Sukolilo dalam bentuk bantuannya sembako dan uang tunai,” ujar Sunaryo kepada Samin News, Senin (3/5/2021).

Pihaknya menjelaskan lokasi yang dituju cukup mengerikan pasalnya berada di atas gunung. Ia bersama dengan sejumlah pengurus yang lain berjalan kurang kebih 1 KM naik sampai di rumah  yang bersangkutan.

Sungguh sangat memprihatinkan karena rumah yang dituju tidak ada penerangan listrik hanya pakai uplik (sentir). Lantaran medan yang cukup jauh dan menanjak itu, pihaknya hanya mampu menyasar 5 (lima keluarga).

“Kita berusaha mencari info di pelosok-pelosok yang sangat membutuhkan ukuran tangan kita. Kalau bantuan pemerintah kan sebulan sekali padahal mereka makan tiap hari. Jadi ya masih kurang untuk mencukupi kehidupannya,” terangnya.

Sunaryo melanjutkan Yayasan Al-Khidmah insya Allah pada bulan Ramadhan tiap minggu atau memungkinkan tiap hari bakal dilakukan kegiatan serupa memberikan bantuan bagi masyarakat. Pihaknya juga bakal menyasar di lingkungan pondok pesantren.

Sebab, Yayasan Al-Khidmah yang memang punya konsen pada kepedulian sosial ini. Mereka juga mempunyai anak didik yang tinggal di panti asuhan yang dikelola oleh internal. Dan sampai saat ini yayasan Al Khidmah selain memberikan santunan dan bantuan masyarakat yang membutuhkan juga mengelola Panti asuhan Al Khidmah sebanyak 11 anak Panti dan 82 anak non panti.

“kita bina, didik juga kita arahkan dengan metode pembelajaran sebagaimana pondok pesantren modern pada umumnya. Di yayasan juga melakukan hafalan alquran,” pungkasnya.

Sebagai informasi Yayasan Al-Khidmah membagikan bantuan bagi lima penerima di antaranya adalah Ibu Warsini dan Suriah di Dk.  Tambang Tempel Desa Kedungwinong, ibu Ngarsi, Rabitah serta Katimah di Desa Sukolilo.