Tanaman Padi Daun Menguning Jarang-jarang

0
45
Pengamatan peserta SL IPDMIP di demplot memang ada padu daunnya menguning tapi jarang.(Foto:SN/dok-muh)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Menanggapi munculnya serangan hama penyakit tanaman padi dengan daun  menguning, baik di Desa Karangrowo, Kecamatan Jakenan maupun di Desa Tanjang, Kecamatan Gabus, Dinas Pertanian Kabupaten Pati, mendapat laporan dari Koodinator PPL Kecamatan Jakenan. Sedangkan kondisi tanaman padi sebagaimana dikabarkan ”Samin News”, pada tahap awal memang belum banyak diketahui.

Kerena itu, papar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pati, Muhtar, dalam laporan koordinator PP Kecamatan Jakenan itu menyebutkan, memang benar untuk Desa Karangrowo bekas genangan banjir.  Saat ini genangan banjir tersebut sudah surut, kemudian ditanami padi oleh para petani desa setempat.

Akan tetapi kemudian kembali terjadi hujan deras, sehingga sempat kembali terjadi genangan air hingga sekarang di areal persawahan petani. ”Sehingga hal tersebut menyebabkan ada tanaman padi yang daunnya menguning,” ujarnya.

Pengamatan peserta SL IPDMIP di demplot memang ada padu daunnya menguning tapi jarang.(Foto:SN/dok-muh)

Hanya saja lanjut, Muhtar, menguningnya daun padi tersebut tidak ngeblok dalam satu hamparan. Sebab, dalam satu rumpun hanya ada satu helai daun yang berwarna kuning, dan itu pun daerahnya yang sudah surut.

Sedangkan yang sudah tinggi ternyata tidak ada daun yang kuning, sebagaimana saat peserta SL IPDMIP mengadakan pengamatan. ”Untuk pengamatan tersebut dilakukan di demplot, memang ada tanaman padi yang daunnya kuning tapi jarang-jarang,” imbuhnya.

Sebagaimana dikabarkan ”Samin News” , Kamis (29 April 2021), di lokasi bekas genangan banjir tanaman padi petani mulai terserang hama penyakit. Dari pantauan di lapangan hal itu terjadi di Desa Karangrowo, Kecamatan Jakenan, dan Desa Tanjang, Kecamatan Gabus.