SMP Negeri 3 Pati Tepis Ada Kasus Konfirmasi Seusai Uji Coba PTM

0
86
Gedung SMP Negeri 3 Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) tahap kedua di SMP Negeri 3 Pati kini sudah berjalan tiga hari. Uji coba PTM ini seperti yang sudah direncanakan oleh stakeholder terkait dimulai kemarin, mulai tanggal 26 April hingga 7 Mei.

Namun demikian, tidak semua sekolah yang melaksanakan uji coba PTM kedua ini sama seperti halnya tahap pertama. Hal itu disebabkan lantaran adanya konfirmasi kasus di sekolah setelah pembelajaran di dalam kelas itu.

Kepala SMP Negeri 3 Pati, Ruqayah menepis sekolahnya terdapat kasus Covid-19. Bahwa di sekolah yang dipimpinnya itu sama sekali tidak benar jika disebut ada peserta didik terkena Covid-19. SMP Negeri 3 Pati menerapkan protokol kesehatan ketat dalam praktik uji coba PTM.

“Kalau di sini memang ada sebelumnya siswa yang terindikasi. Tapi bukan covid, siswa hanya flu biasa dibuktikan dengan swab test yang bersangkutan dinyatakan negatif,” ungkapnya, Rabu (28/4/2021).

Peserta didik telah dinyatakan negatif, karena memang yang bersangkutan flu. Di sisi lain, untuk memastikan tidak adanya kasus konfirmasi positif, maka dilakukan juga tracking di keluarga siswa. Dan hasilnya membuktikan  keluarganya juga negatif semua.

Oleh sebab itu, lantaran situasi dan kondisi yang masih bisa dikendalikan maka uji coba PTM tahap kedua bisa dilanjutkan. Berbeda halnya dengan jika situasi di lapangan menyatakan ada kasus lebih dari satu, maka uji coba PTM ditangguhkan sampai setelah lebaran hari raya.

“Uji coba PTM tahap kedua masih tetap seperti yang awal, hanya saja selain SMA Negeri 1. Sebab ada empat temuan kasus Covid-19,” lanjut Ruqayah.

Sebelumnya Sekda Pati, Suharyono menyatakan di SMP Negeri 3 Pati ada satu temuan kasus Covid-19 pada saat mengisi sosialisasi PPDB di Pendopo, Senin (26/4).

“Namun setelah seusai sosialisasi di Pendopo itu, saya matur (menghadap, red) kepada pak Sekda bahwa di SMP Negeri 3 tidak ada kasus tapi siswa hanya flu biasa,” pungkasnya.