BAZNAS Pati Wacanakan Layanan Zakat Digital

0
21

SAMIN-NEWS.com, PATI – Arus perkembangan teknologi memang tak bisa dipungkiri dan berimbas pada tatanan kehidupan masyarakat. Salah satu nya yakni dengan hadirnya layanan zakat digital. Apalagi pandemi covid 19 yang mengharuskan untuk meminimalisir kontak fisik, membuat layanan zakat digital gencar dikampanyekan.

Terkait hal tersebut, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pati, Imam Zarkasi menyebut pihaknya juga tengah mewacanakan layanan zakat digital di BAZNAS Kabupaten Pati.

“Baik secara pengumpulan dan penyaluran BAZNAS Pati memang belum memberikan layanan secara digital. Iya baru mau menuju kesana karena memang butuh persiapan,” katanya saat ditemui Samin News dimeja kerjanya, Rabu (28/04/2021).

Disamping itu, BAZNAS Kabupaten Pati dalam pengumpulan dan penyaluran zakat masih dilakukan secara konvensional melalui SOP yang berlaku. Seperti pengumpulan zakat melalui OPD disetiap daerah, bank yang telah ditunjuk atau datang langsung ke kantor BAZNAS.

Oleh karena itu, terkait wacana tersebut pihaknya akan mencoba menjajaki tahapan-tahapan dalam mewujudkan layanan zakat digital di BAZNAS Kabupaten Pati. Pihaknya menyebut kini tengah melakukan sejumlah pengkajian.

“Kini baru tahap pengkajian. Kami akan melihat plus minus dari penerapan layanan zakat digital dan juga para SDM kami kini tengah berlatih terkait pengoperasian layanan zakat digital,” pungkasnya.