Raih Penghargaan Pemuda Pelopor Pati, Berkat Dedikasikan Diri Bimbing Anak Sedulur Sikep

0
47
Fenti Kumala Sari (tengah), peraih juara dalam ajang pemilihan Pemuda Pelopor Kabupaten Pati Tahun 2021 di Dinas Pemuda,Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar).

SAMIN-NEWS.com, PATI – Fenti Kumala Sari seorang gadis dari Desa Baturejo, Kecamatan Sukolilo mampu meraih juara dalam ajang pemilihan Pemuda Pelopor Kabupaten Pati Tahun 2021 di Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar).

Berkat pengabdian serta dedikasi yang tinggi dalam dunia pendidikan menghantarkan dirinya meraih juara tersebut. Baginya pendidikan adalah elemen penting bagi kehidupan manusia. Melihat sejarah peradaban, maka hal itu tidak bisa dilepaskan dengan namanya pendidikan.

“Pendidikan itu sangat penting karena banyak orang sukses berlatar belakang dari pendidikan baik pendidikan formal maupun pendidikan nonformal. Karena pendidikan dapat mengantarkan generasi bangsa menuju peradaban yang nyata,” ungkap Fenti.

Menurutnya, banyak anak dipengaruhi oleh faktor latar belakang dari orang tuanya. Pasalnya, masyarakat di sekitarnya masih banyak menganut penghayat kepercayaan Sedulur Sikep. Dimana dunia pendidikan acap kali tidak menjadi prioritas bagi mereka.

“Masih banyak anak-anak yang belum sekolah dan kesadaran orang tua akan pendidikan masih rendah,” ujarnya.

Menurutnya pendidikan terbaik adalah di sawah serta mayoritas pemuda usia 17 tahun sudah melangsungkan pernikahan. Oleh sebab itu, pihaknya berusaha mendidik anak-anak disekitarnya agar berpendidikan.

Melihat realitas seperti itu, pihaknya bersama dengan sejumlah temannya berkomitmen mengabdikan diri di dunia pendidikan dengan membentuk Bimbingan Belajar Gratis Cendekia Hebat.

Bimbingan belajar ini  telah tahun 2017 lalu dengan mendampingi anak-anak untuk belajar. Adapun jadwalnya seminggu dua kali, yakni hari Sabtu dan Minggu. Sedikitnya ada 15 anak yang mengikuti bimbel ini dalam setiap sesinya.

“Fokusnya pada anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Dulu anak-anak yang lebih banyak bermain bahkan hingga larut malam, sekarang sudah mulai mau belajar,” jelas Fenti.

Dengan sikap nyata mengabdikan diri di dunia pendidikan ini, pihaknya mendapatkan penghargaan Pemuda Pelopor tingkat Kabupaten Pati tahun 2021 di bidang pendidikan. Alumnus SMA PGRI 2 Kayen ini juga akan mewakili Kabupaten Pati dalam ajang yang sama di tingkat Provinsi.