Polri Launching Sinar, Aplikasi Perpanjang SIM Online

0
329
Baur SIM SatLantas Polres Pati, Bripka Hery Prayitno.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah melaunching pelayanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) online secara nasional. Peluncuran diikuti oleh seluruh jajaran kepolisian di daerah secara virtual. Dimana peluncuran juga diikuti jajaran kepolisian di Kabupaten Pati.

Baur SIM SatLantas Polres Pati, Bripka Hery Prayitno mengatakan aplikasi Sinar (SIM Nasional Presisi) telah dilaunching oleh Kapolri Selasa (13/4) yang lalu secara nasional. Dan di Kabupaten Pati dihadiri oleh Kapolres, Forkopimda lengkap di PPKO Mapolres Pati.

Dengan aplikasi Sinar tersebut, pihaknya menjelaskan cara memperpanjang SIM melalui ponsel. Karena berbasis digital, maka dimana pun berada bisa mengakses pelayanan itu.

“Adapun untuk persyaratan itu mengupload SIM lama yang masih berlaku dan KTP. Dan perpanjangan ini khusus berlaku untuk SIM A dan SIM C, ada dua jenis,” ujar Hery di ruangannya kepada Samin News, Jumat (16/4/2021).

Hery menyebutkan aplikasi Sinar bisa didownload melalui playstore. Dan di aplikasi sudah tertera penjelasan informasi yang berkaitan bagi pemohon. Sebab, sudah ada petunjuk seperti verifikasi nomor hp juga nomor induk kependudukan (NIK).

“Setelah itu (download) diikuti ada petunjuknya, verifikasi nomor hp, registrasi NIK, foto KTP, SIM juga dengan swafoto (selfie),” terangnya lebih lanjut.

Oleh sebab itu pihaknya menyatakan pemohon tidak usah datang ke Satpas SIM. karena dari petugas Satlantas telah ada bagian yang mengurus. “Petugas adjudikator untuk memverifikasi data tersebut lalu memilih jenis SIM yang diinginkan serta tanda tangan pemohon,” jelasnya.

Setelah mekanisme mulai pengisian identitas pemohon, maka kata dia proses selanjutnya yakni tinggal cetak dan terakhir adalah pengiriman. Menurutnya ada dua opsi yang dipilih yakni apakah diambil pemohon atau dikirim via POS.

“Dipilih metode pengiriman diambil sendiri atau melalui pos. Soalnya apa karena Korlantas dengan PT Pos sudah kerjasama secara nasional. Kami juga sudah koordinasi dengan PT POS Cabang Pati perihal pengiriman tersebut,” pungkasnya.