Pendaftaran BPUM di Pati Dibuka Senin Lusa

0
133
Ilustrasi bantuan BPUM(Dok.Istemewa)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah kembali menyalurkan bantuan presiden (Banpres) produktif untuk usaha mikro atau BPUM pada tahun 2021 ini. Bantuan bagi pelaku UMKM ini telah dilaksanakan mulai tahun 2020 kemarin dan diteruskan juga pada tahun ini.

Terkait dengan hal itu Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Dinkopumkm) Kabupaten Pati mengaku kini menyiapkan perangkat pendaftaran. Link ini untuk menjembatani pelaku umkm mengakses bantuan.

“Kita baru persiapan perangkat untuk pendaftaran berupa link,” ujar Kepala Bidang UMKM Kristiyanto kepada Samin News, Sabtu (10/4/2021).

Selain penyiapan instrumen pendaftaran tersebut, ia melanjutkan bahwa telah mensosialisasikan dengan mengeluarkan Surat Edaran yang ditujukan kepada para camat se-Kabupaten Pati.

Dengan begitu, Dinas Koperasi menyiapkan sarana teknis dan non teknis. Adapun akses bantuan BPUM di Pati proses sama dengan tahun lalu untuk pendaftarannya.

“Insya allah senin link mulai kami buka, Bu Kepala Dinkop UMKM sudah berkoordinasi dengan Pak Bupati terkait Bantuan BPUM tahun 2021,” kata Kristiyanto.

Untuk besarannya, bantuan tahun 2021 senilai Rp1,2 juta. Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya yakni Rp2,4 juta. Sedangkan bantuan ini dimaksudkan sebagai program pemulihan ekonomi nasional (PEN) di masa pandemi.