Pasar Daerah di Pati Dapat Tambahan Enam Unit Pemadam di Tempat

0
65
Pelaksanaan pekerjaan pembuatan pelengkap sarana pemadam kebakaran di tempat yang mulai dikerjakan di Pasar Daerah (PD) Tayu.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Mengingat asas manfaatnya adalah tepat guna, efektifitas dan efisiensi maka tahun ini Pasar Daerah (PD) di Pati, ditambah lagi dengan enam unit sarana pemadam kebakaran di tempat. Dengan demikian, jumlah seluruh pemadam tersebut sampai saat ini seluruhnya 14 unit, kerena sebelumnya yang terpasang sudah sebanyak 8 unit.

Dari jumlah tersebut, papar salah seorang penanggung jawab pasar Bidang Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pati, Widyo, masing-masing adalah di Pasar Puri, Sleko I dan II, Pasar Kayen, dan Pasar Winong. Selain itu, adalah Pasar Juwana, Pasar Trangkil, Pasar Gembong, dan Pasar Tayu.

Berkait hal itu, semua operator yang bertugas mengoperasikan unit pemadam tersebut sudah mengikuti  uji coba sehingga benar-benar sudah siap menghadapi kemungkinan terjadinya ha-hal tak diinginkan. ”Sedangkan rangkaian komponen pemadam tersebut, adalah untuk mengantisipasi pada langkah pertama jika terjadi musibah kebakaran, tapi regu pemadam belum tiba di lokasi,” ujarnya.

Pelaksanaan pekerjaan pembuatan pelengkap sarana pemadam kebakaran di tempat yang mulai dikerjakan di Pasar Daerah (PD) Tayu.

Karena itu, lanjutnya, di lokasi ditempatkannya titik pemadaman terebut selain dilengkapi dengan sumur juga bak penampung yang dibuat dengan ketinggian tertentu. Selebihnya juga tersedia fasilitas daya listrik, serta hidran sehingga bila air persediaan di bak habis, maka ganti penyemprotan air ke sasaran melalui hidran.

Kemampuan hidran tersebut dalam menyemprotkan air mempu mencapai 200 meter, sehingga slang penyemprot yang dipasang pun sepanjang itu. Dengan demikian, jangkauannya pun bisa mencapai lokasi titik sumber api sehingga tidak perlu harus menunggu kedatangan regu pemadam kebakaran, karena semisal jarak pemadam di Kota Pati dengan Tayu adalah 27 kilometer.

Mengingat hal tersebut, maka fasilitas pemadam untuk pasar daerah tahun ini ditambah lagi dengan unit sehingga menjadi 14 unit. ”Adapun yang tiap pasar tersedia dua unit, di antaranya adalah Pasar Puri, Pasar Kayen, dan Pasar Tayu mengingat luas lokasi pasarnya,” imbuh Widyo.