Hasil Evaluasi Uji Coba PTM Bisa Dilanjutkan dan Kuota Ditambah

0
57
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Tengah, Sunoto.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Tengah bersama dengan instansi terkait seperti Dinas Pendidikan serta satuan pendidikan telah melakukan evaluasi uji coba pembelajaran tatap muka (PTM). Uji coba PTM tersebut diselenggarakan mulai 5 s/d 16 April kemarin.

Penyelenggaraan uji coba PTM dinilai berjalan lancar di tengah suasana pandemi Covid-19. Sebelumnya, pemerintah menunjuk beberapa sekolah sebagai piloting tatap muka. Namun, tidak semua murid diikutsertakan mengikuti kegiatan tersebut. Pasalnya hanya 50 persen atau setengah dari jumlah dan kapasitas ruangan.

Berkaitan dengan itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Tengah Sunoto memaparkan PTM bisa dilanjutkan kembali tahap kedua. Uji coba PTM bisa diberlakukan kembali oleh sekolah.

“Alhamdulillah bisa dilanjutkan sekolah yang kemarin PTM, ditambah siswanya 100%. Misalnya yang kemarin berjumlah 100 menjadi 200 siswa,” ujarnya kepada Samin News, Selasa (20/4/2021).

Artinya, dari evaluasi dengan beberapa stakeholder terkait itu proses uji coba belajar tatap muka sesuai dengan yang diharapkan. Dimana dengan menerapkan protokoler kesehatan.

Oleh sebab itu, kata dia lantaran uji coba PTM tahap pertama cukup berhasil maka untuk ke depannya bisa menambah kuota satuan pendidikan penyelenggara PTM. Baik pada jenjang SMP maupun SMA.

“Bisa mengajukan penambahan sekolah baru 1 atau 2 sekolah dari SMA, SMK, MA, MTs, juga SMP yang diusulkan ke Provinsi,” Sunoto menjelaskan.

Adapun pada tahap pertama di Kabupaten Pati sekolah yang menyelenggarakan uji coba PTM di antaranya adalah MAN 1 Pati, SMKN 1 Pati, SMA Negeri 1 Pati, SMP Negeri 3 Pati serta MTsN 1 Pati.