Hari Pertama Pelaksanaan Uji Coba PTM Disebut Berjalan Tertib

0
21
Cabang Dinas Pendidikan bersama jajaran pemerintah meninjau pelaksanaan uji coba PTM di SMA Negeri 1 Pati, Senin (5/4) pagi tadi.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Beberapa satuan pendidikan di Kabupaten Pati hari ini resmi melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM). Pelaksanaan uji coba PTM di Kabupaten Pati ini merupakan hari pertama dari jadwal yang telah ditentukan.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Tengah, Sunoto mengatakan uji coba PTM adalah tolak ukur. Yang mana sebagai instrumentasi pemerintah dalam mengevaluasi kegiatan tersebut.

Tolak ukur dari PTM dimaksudkan ada dua tujuan, pertama bagi penambahan jumlah siswa. Dari semula setengah jumlah siswa pada kelas X, kemudian ketika berhasil dimungkinkan jumlah siswa ada penambahan.

“Uji coba PTM ini sebagai barometer, artinya ada dua yaitu penambahan siswa dan penambahan satuan pendidikan,” ujar Sunoto kepada Samin News, Senin (5/4/2021).

Artinya jika kegiatan uji coba PTM berhasil, maka tidak hanya ada penambahan jumlah siswa. Melainkan, satuan pendidikan pun juga ditambah.

Adapun uji coba PTM di Kabupaten Pati, Ia menyebut ada lima sekolah. Di antaranya adalah SMA Negeri 1 Pati, SMKN 1 Pati, SMP 3 Pati, MAN 1 Pati, dan MTs Negeri 1 Winong.

Hari pertama pelaksanaan PTM ini, menurutnya berjalan baik dan tertib. Dimulai dari siswa datang di sekolah, di dalam kelas, saat pembelajaran hingga selesai yaitu saat pulang.

Lebih lanjut Ia mengatakan, bahwa uji coba yang direncanakan mulai tanggal 5 s/d 16 April untuk acuan tahun ajaran baru 2021.

“Di samping itu, pelaksanaan uji coba PTM ini untuk barometer juga sekaligus evaluasi yang nantinya bakal digunakan dalam tahun pelajaran baru bulan Juli mendatang,” tutupnya.