Belasan ODGJ Magang Kerja Pertanian di Gembong

0
48
Belasan ODGJ yang magang kerja pertanian di Gembong.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Belasan Penerima Manfaat (PM) di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) Margo Laras Pati kini tengah magang kerja Pertanian Rosalinda di Kecamatan Gembong, Pati.

Di pagi hari mulai pukul 07.30, sebanyak sebelas penerima manfaat berangkat ke Pertanian Rosalinda milik seorang pengusaha bernama Eli Hardianto. Untuk magang kerja disana, para ODGJ akan menghabiskan waktu selama empat jam dan kembali ke balai pada pukul 11.30 WIB.

Kegiatan yang mereka lakukan diantaranya membuat media tanam serta merawat tanaman seperti menyiram dan memupuk tanaman.

Menurut Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) Margo Laras Pati, Erna Susilowati magang kerja tersebut sebagai bagian dari Terapi Penghidupan (Livelihood).

“Iya menerapkan terapi itu didunia kerja kan kebetulan nyambung. Kalau di pertanian malah justru disana mungkin dikembangkan, apa yang belum didapat disini (balai) mungkin didapatkan disana,” katanya saat ditemui Samin News dimeja kerjanya, Rabu (7/4/2021)

Lanjutnya, Ia mengatakan tujuan magang kerja sebagai bekal untuk para ODGJ setelah kembali ke masyarakat. Kegiatan tersebut merupakan program Praktik Belajar Kerja (PBK) yang diselenggarakan BRSPDM Margo Laras Pati untuk para ODGJ binaannya.

Didampingi oleh para pekerja sosial BRSPDM Margo Laras Pati, Sebelas ODGJ magang kerja Pertanian Rosalinda di Gembong akan berjalan hingga 16 April 2021 mendatang.