Upaya Narasi Diskominfo untuk Edukasi Masyarakat

0
21
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati, Indriyanto.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati, Indriyanto.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dalam rangka menangani pandemi Covid-19, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati sejak awal turut bertanggung jawab untuk mengatasinya. Yakni dalam ranah memberitakan informasi secara benar kepada masyarakat dengan maksud memberikan fungsi edukasi.

Kepala Diskominfo, Indriyanto menuturkan informasi yang beredar di tengah publik sangat penting peranannya. Pasalnya, hal ini berpengaruh pada penerimaan pengetahuan mengenai virus corona. Sehingga, semua pihak turut serta menekan Covid-19 sesuai kapasitas dan tugasnya.

Informasi tersebut, baik berasal dari kebijakan daerah maupun informasi dari pemerintah pusat dengan membuat langkah yang diadopsi berbagai gambar, yakni semacam gambar yang berisi informasi terkait.

“Terkait sosialisasi edukasi protokol kesehatan, Diskominfo selalu menyampaikan informasi/program nasional, terkait pencegahan covid-19 melalui narasi tunggal di  website pemkab,” papar Indriyanto kepada Saminnews.

Untuk mengelola website Covid-19 pemerintah Kabupaten Pati, pada tiap-tiap waktu selalu dinamis. Pasalnya, hal ini dengan mengacu pada data perkembangan peta penyebaran maupun kasus konfirmasi.

Lebih lanjut, kata dia bahwa pengelolaan website Covid-19 selalu diupdate. Di samping itu, juga melengkapi dengan grafik data perkembangan Covid-19 selama 60 hari terakhir atau dalam waktu dua bulan.

Adapun Diskominfo ditugaskan oleh pemerintah Kabupaten Pati di Kecamatan Tayu. Dengan melakukan upaya komunikasi serta koordinasi untuk mengevaluasi penanganan pada lingkup Kecamatan.

“Seluruh pejabat struktural beserta beberapa staf pada tanggal 22 Februari 2021 yang lalu telah melakukan monitoring/evaluasi di desa-desa di Tayu,” tutupnya.