Uji Coba PTM Acuan Pelaksanaan untuk Sekolah Lain

0
23
Kepala Seksi SMA dan pendidikan Luar Biasa, Haryanto.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Persiapan terkait pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) sudah dirancang sedemikian rupa. Agar pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas itu bisa berjalan tanpa ada imbasnya. Karena, hal ini menyangkut pengendalian penyebaran virus corona desease (Covid-19).

Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Tengah melalui Kasi SMA dan SLB, Haryanto mengatakan ujicoba pembelajaran tatap muka dimulai pekan pertama bulan April. Sementara di Kabupaten Pati sedikitnya ada empat sekolah yang menggelar ujicoba PTM.

“Mulai tanggal 5 s/d 16 April ada uji coba untuk PTM. Masing-masing yaitu SMAN 1 Pati, SMKN 1 Pati, SMPN 3 Pati dan MAN 1 Pati,” ungkap Haryanto saat dikonfirmasi Samin News, Selasa (30/3/2021).

Artinya, dimungkinkan dari uji coba PTM ini, nanti menjadi acuan jika ke depan satuan pendidikan benar-benar menerapkan tatap muka. Mulai dengan persiapan teknis, hingga sarana prasarana yang disiapkan.

Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa persiapan teknis seperti SOP sudah disusun. Dimana aturan ini sebagai landasan penyelenggaraan pembelajaran disaat yang sama harus memerhatikan protokol kesehatan.

“Dengan protokol kesehatan yang ketat, juga  pembatasan siswa masuk separuh dari biasanya. Kemudian guru yang terseleksi atau sehat,” papar Haryanto.

Kemudian pada simulasi pembelajaran tatap muka pada awal April itu yang PTM hanya siswa kelas X. Tetapi perlu diingat tidak semua, yakni separuhnya. Sebab pengkondisian kelas utamanya menerapkan physical distancing atau jaga jarak.

“(jadi) manakala PTM ini sukses, bisa saja dikembangkan untuk sekolah lain. Namun semua tergantung dari situasi yang ada,” tutupnya.