Tepis Isu Persiapan Pemilihan 2024, Sosiawan: Konferensi Mekanisme Organisasi

0
54
Ketua Panitia Konferensi Daerah tingkat Jawa Tengah Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI), Sosiawan.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Ketua Panitia Konferensi Daerah tingkat Jawa Tengah Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI), Sosiawan menampik punya agenda khusus dalam persiapan pemilihan umum tahun 2024.

“Apakah ini ada kaitannya untuk persiapan pemilihan 2024, ini tidak ada kaitannya. Ini semata-mata mekanisme organisasi,” kata Sosiawan kepada wartawan.

Sebelumnya, PA GMNI di eks-Karesidenan Pati menyelenggarakan Konferensi Cabang (Konfercab) di Hotel New Merdeka, Minggu (28/2) kemarin. Bahwa pihaknya menyebut Konfercab tersebut merupakan murni kegiatan internal organisasi, yakni pergantian kepengurusan pada wilayah cabang masing-masing.

Pasalnya, masing-masing kepengurusan pada tingkat cabang telah usai tugas. Dengan demikian, untuk melanjutkan estafet organisasi nasionalis ini punya tanggung jawab memberdayakan kader organisasi dalam ide gagasan yang ditelurkan di kepengurusan terpilih.

“Kebetulan kepengurusan sudah habis 2019 kemarin, tetapi diundur akibat pandemi itu,” Sosiawan menjelaskan.

Dalam kegiatan Konfercab itu, dihadiri oleh kepengurusan daerah tingkat Jawa Tengah juga oleh masing-masing cabang eks-Karesidenan Pati. Kepengurusan daerah yang notabenenya punya garis organisasi lebih tinggi itu tujuannya adalah untuk memimpin jalannya sidang konferensi.

Adapun Konfercab PA GMNI eks-Karesidenan Pati mengusung tema “Semangat Nasionalisme dalam Menyongsong Indonesia Emas”.

Menurutnya, latar belakang tema tersebut adalah sejauh mana kader-kader GMNI melihat perkembangan kondisi yang terjadi di Indonesia. Oleh karena itu, dalam tiap Cabang maupun daerah punya pandangan tersendiri.

Lanjut Sosiawan misalnya kader yang tergabung dalam cabang Semarang melihat fenomena saat ini adalah terdegradasinya nilai Pancasila. Maka, mereka punya tantangan sekaligus gagasan dalam mewujudkan cita-cita agung bangsa dan negara, yakni dengan membumikan Pancasila. Berbeda dengan cabang eks-Karesidenan Pati justru melihat Indonesia punya potensi untuk menjadi negara yang maju.

“Indonesia saat ini berhak menyandang dalam status masa kejayaan. Oleh karena itu, ini menjadi tantangan sekaligus membuat jawaban untuk mewujudkan. Bagaimana GMNI sebagai kader nasional apa yang mampu kita sumbangsihkan,” tutupnya.

Dalam Konfercab PA GMNI eks-Karesidenan Pati ini, dengan ketua terpilih Kabupaten Pati Sigit Pamungkas, Kabupaten Kudus Achmad Yusuf Roni, Kabupaten Jepara Andi Rohmat, Kabupaten Grobogan Muhammad Mahrus, serta Kabupaten Blora Ahmad Mubarok.