Pilkades Serentak di Kecamatan Gembong; Dua Desa Selesai Memverifikasi Bakal Calon

0
566
Camat Gembong Cipto Mangunoneng.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Selain Kecamatan Juwana (1 desa) yang paling sedikit menyelenggarakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pati, 10 April mendatang adalah Kecamatan Dukuhseti (3 desa) dan Kecamatan Gembong (5 desa). Di Kecamatan yang disebut terakhir saat ini baru selesai memverifikasi dua desa, yaitu Semirejo dan Desa Gembong.

Untuk Desa Semirejo dengan tiga bakal calon, dan incumben tidak lagi ikut ambil bagian sehingga yang tampil semua sebagai wajah baru. Demikian pula, untuk Desa Gembong juga menampilkan tiga bakal calon, serta berikutnya Desa Kedungbulus (dua calon),  Plukaran (tiga calon), dan Sitiluhur (dua calon).

Khusus di desa yang disebut terakhir, dari dua bakal calon tersebut satu di antaranya adalah incumben dan satu lagi adalah putra yang bersangkutan. ”Tugas dan status bakal calon tersebut adalah untuk mendampingi ayahnya, agar jangan sampai terjadi hanya ada satu bakal calon atau calon tunggal yang sudah pasti tidak diperbolehkan,” tandasnya.

Sedangkan dari lima desa dengan tigabelas bakal calon tersebut meskipun baru dua desa yang dilakukan verifikasi, tapi sepintas jika dilihat kelengkapan persayaratannya, semua sudah komplit. Dengan demikian, dipastikan para bakal calon tersebut semua akan lolos, sehingga bisa mengikuti tahapan selanjutnya,” imbuh Cipto Mangunoneng.

Sementara itu berdasarkan keterangan yang dihimpun ”Samin News” menyebutkan, dari 21 Kecamatan se-Kabupaten Pati terdapat 219 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak, Sabtu (10/4) mendatang. Masing-masing di Kecamatan Juwana hanya ada satu desa, yaitu Pakuwon, dan berikutnya di Kecamatan Dukuhseti, adalah Desa Dumpil, Bakalan, dan Desa Tegalombo.

Selebihnya, Kecamatan Gembong (5 desa), Tlogowungu (12 desa), Margorejo (10 desa) dan Kecamatan Pati (17 desa). Selain itu Kecamatan Wedarijaksa (9 desa), Margoyoso (14 desa), Gunungwungkal (7 desa), Tayu (10 desa), Cluwak (10 desa).

Untuk kecamatan lainnya, yaitu Kecamatan Gabus (14 desa), Jakenan (9 desa), Batangan (14 desa0, dan Kecamatan Jaken (15 desa). Sisanya Kecamatan Pucawangi (11 desa), Winong (14 desa), Tambakromo (11 desa), Kayen (15 desa), dan Kecamatan Sukolilo (11 desa).