Mantan dan Incumben Bertemu Dalam Kontestasi Pilkades Wonorejo

0
134
Camat Tlogowungu, Drs Jabir.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sembilan dari duabelas desa yang menyelenggarakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di wilayah Kecamatan Tlogowungu, Sabtu (10/4) mendatang, baik bakal calon/calonnya adalah para incumben. Rabu (17/3) hari ini seluruh desa sudah ditetapkan bakal calonnya menjadi calon.

Bahkan, papar Camat Tlogowungu, Drs Jabir, ada desa yang mempertemukan kembali calon dari mantan sebelumnya dalam kontestasi politik pilkades ini dengan calon incumben, yaitu Desa Wonorejo. Sedangkan desa yang lain seperti Lahar, adalah mantan Kades sebelumnya, Cabak adalah incumben dan Sumbermulyo pasangan suami-istri yang baru kali pertama mencalonkan diri.

Kembali ke Desa Wonorejo jika semula ada tiga calon, saat ini tinggal dua calon karena satu calon lainnya mengundurkan diri. ”Untuk pengunduran diri calon yang bersangkutan dilakukan setelah semua yang semula adalah bakal calon ditetapkan menjadi calon,” ujarnya.

Karena itu, lanjutnya, dampak dari hal tersebut maka bertemulah mantan Kades sebelumnya dengan incumben sehingga diharapkan masing-masing calon bersangkutan bisa menjadi tolak ukur keberhasilannya oleh desa lain. Dengan demikian, keduanya tentu diharapkan selain siap menang juga siap kalah tentunya.

Adapun calon dari desa lainnya, seperti Tamansari adalah 2 orang, Tlogorejo juga (2 orang), dan Wonorejo (2 orang). Berikutnya calon dari Desa Guwo (2 orang), Lahar (2 orang), Cabak (2 orang), Sambirejo (3 orang), Purwosari (2 orang), Sumbermulyo (2 orang), Tajungsari (2 orang), Suwatu (2 orang), dan Klumpit (2 orang).

Kendati semua sudah ditetapkan sebagai calon, mereka pun diingatkan jangan ada di antara mereka yang mencuri start untuk berkampanye, karena tahapan tersebut ada jadwal waktunya tersendiri. ”Lagi pula saat ini hingga 1 April nanti masih dalam tahapan penetapan calon, maka jangan ada di antara mereka yang melakukan kampanye di luar jadwal yang ditetapkan,” tandasnya.