Layanan Pencaker Berubah Jadi ‘Karirhub’

0
15
Kabid PPTK Sri Mulyanto (kiri), Kasi Penempatan Kerja, Sukati (kanan).

SAMIN-NEWS.com, PATI – Data pencari kerja (pencaker) kini mengalami perubahan. Semula menggunakan layanan ‘Ayokitakerja’, kini berubah menjadi ‘Karirhub’ Kementerian ketenagakerjaan. Hal itu berarti data pencaker berubah, baik nasional maupun daerah.

Kepala Bidang Penempatan dan Pengembangan Tenaga Kerja (PPTK) pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pati, Sri Mulyanto mengungkapkan perubahan itu sudah berlangsung tahun 2020 kemarin.

Menurutnya, sejak awal munculnya Covid-19 di Indonesia, layanan ayokitakerja sudah tidak aktif. Data pencaker kemudian beralih kepada layanan baru oleh pemerintah Kementerian Tenaga kerja.

“Sejak pandemi covid-19 pada tanggal 15 Maret 2020, Ayo kita kerja sudah tidak aktif. Kemudian, pada pertengahan 2020 mulai menggunakan aplikasi karirhub,” ujar Mulyanto kepada Saminnews, Kamis (4/3/2021).

Dengan demikian, peralihan layanan tersebut utamanya adalah pencari kerja tidak dapat diakses. Sehingga, hal ini hanya menunjukkan data pencaker baru pada layanan karirhub tersebut.

“Data pencaker di ayo kita kerja sudah tidak dapat diakses. Sehingga data yang ada sekarang ini data pencaker baru sejak aplikasi karirhub berjalan,” tambah dia.

Dalam layanan baru karirhub itu, pemerintah memberikan informasi berkait dengan lowongan pekerjaan yang lingkupnya nasional. Juga terdapat klasifikasi pekerjaan yang diminati pencaker, mulai dari keuangan, ritel, pemasaran, transportasi, manufaktur juga banyak jenis lainnya.

Selain itu, layanan ini menyediakan submenu informasi lowongan pekerjaan bagi penyandang disabilitas. Hanya saja, data pencaker itu antara layanan lama beralih ke baru ini, tidak terakomodir. Sehingga hanya tercantum bagi pencaker baru.