Haul Al-Magfurlah KH Syamsul Hadi Sumberejo Jaken

0
148
Rangkaian peringatan meninggalnya (haul) Al-Maghfurlah KH Syamsul Hadi Desa Sumberejo, Kecamatan Jaken, hari pertama Senin (8/3) kemarin dimulai dengan pembacaan manakib dan pembukaan pelaksanaan yang akan berlangsung hingga Kamis (11/3).

SAMIN-NEWS.com, PATI – Di akhir bulan Rajab 1442 Hijriah, Al-Maghfurlah KH Syamsul Hadi Desa Sumberejo, Kecamatan Jaken, diperingati hari meninggalnya (haul). Rangkaian acara peringatan tersebut dimulai Senin (8/3) kemarin, dan akan berlangsung hingga Kamis (11/3) dalam situasi di tengah-tengah masa pandemi Covid-19.

Karena itu, papar Zamahsari, Ketua Umum Yayasan Keluarga Syamsul Hadi, dalam menyelenggarakan haul tiap tahunnya, untuk tahun ini harus  tetap mematuhi ketentuan protokol kesehatan (prokes). Dengan demikian, semua personel yang terlibat dalam rangkaian kegiatan peringatan ini tetap aman dan terjauhkan dari virus tersebut.

Sedangkan jalannya haul ini juga sekaligus memperingati ”Isra Miraj” yang jatuh pada Kamis 27 Rajab yang dimulai Senin (8/3) kemarin atau hari pertama dengan pembacaan manaqib dan tahlil. ”Dalam kesempatan ini panitia memang benar-benar mentaati protokol kesehatan sehingga semua yang hadir selain memakai masker juga saling menjaga jarak serta mencuci tangan,” ujarnya.

Rangkaian peringatan meninggalnya (haul) Al-Maghfurlah KH Syamsul Hadi Desa Sumberejo, Kecamatan Jaken, hari pertama Senin (8/3) kemarin dimulai dengan pembacaan manakib dan pembukaan pelaksanaan yang akan berlangsung hingga Kamis (11/3).

Untuk hari kedua, Selasa (9/3) atau hari ini, lanjutnya, sudah dimulai dari subuh dini hari hingga pukul 10.00 dengan tahtimul quran bil ghoib (sekali khataman), tempatnya di makam Al-Maghfurlah. Sedangkan pukul 14.00 dan 16.00 di tempat yang sama, adalah tahtimul quran Binnadlor ibu-ibu dan tahlil umum ibu-ibu RW 06, pukul 18.00 dan 19.30 pembacaan arwah III serta tahtimul quran  bil ghoib (sekali khataman).

Masih di hari dan tempat yang sama pada pukul 04.00 adalah tahtimul quran bil ghoib (sekali khataman), tapi di pendapa Masjid Mujahidin pukul 09.00 dengan tahtimul quran bil ghoib untuk santri thoriqoh. Sedangkan pukul 14.00 juga di makam Al-Maghfurlah tahtimul quran  bil ghoib (sekali khataman).

Berikutnya, Rabu (10/3) di makam Al-Maghfurlah mulai pukul 18.00 adalah pembacaan arwah IV, pukul 19.00 pembacaan manaqib Al-Maghfurlah KH Syamsul Hadi, dan pukul 20.00 tahtimul quran binnadlor bapak-bapak. Masih di tempat yang sama pukul 21.00 buka/ganti selambu Al-Maghfurlah, dan pukul 22.00 tahtimul quran bil ghoib (sekali khataman).

Sedangkan hari terakhir, Kamis (11/3) mulai pukul 04.00 di makam Al-Maghfurlah tahtimul quran bil ghoib (sekali khataman), dan pukul 09.00 acara keluarga besar Al-Maghfurlah. ”Pukul 13.00 lelang selambu, pukul 18.00 pembacaan arwah V, pukul 19.00 tahlil umum bapak-bapak, dan pukul 20.00 (rencana) istighosah,” imbuh Zamahsari.