Dikbud Pati Selenggarakan Lomba Sekolah Sehat

0
47
Saat berlangsungnya lomba sekolah sehat di di SMP N 3 Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati menyelenggarakan Lomba Sekolah Sehat (LSS) untuk jenjang sekolah menengah pertama (SMP). lomba ini telah dimulai dari Senin-Jumat (15 s/d 19) Maret.

Kasie Pembinaan SMP pada Dinas Pendidikan, Adi Prasetyono mengatakan Lomba Sekolah Sehat diikuti lima sekolah atau peserta. Masing-masing peserta adalah SMP 2 Tayu, SMP 1 Tambakromo, SMP 2 Batangan, SMP 2 Jakenan dan SMP Negeri 3 Pati.

Dan sesuai jadwalnya dimulai Hari Senin, untuk hari terakhir hari Jumat ini adalah penilaian di SMP Negeri 3 Pati. Pasalnya, setiap hari dijadwalkan satu sekolah untuk proses penilaian di lokasi peserta atau sekolah.

“Mereka mewakili sub rayon atau yang dulu namanya kawedanan. Sementara itu ada 34 poin indikator yang dinilai oleh 6 juri,” ucap Adi di sela penilaian Lomba Sekolah Sehat di SMP N 3 Pati kepada wartawan, Jumat (19/3/2021).

Kasie pembinaan SMP dikbud Pati, Adi Prasetyono.

Dari keenam juri, kata Adi diambilkan dari berbagai instansi Dinas. Di antaranya adalah Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Kesra Setda Pati juga dari Kementerian Agama Pati.

Ia melanjutkan bahwa kegiatan Lomba Sekolah Sehat ini dilakukan tiap tahun, bahkan berjenjang. Dari Kawedanan ke Kabupaten, lalu tingkat Provinsi dan tingkat nasional. Oleh karena itu, bagi sekolah yang menang, maka bakal mengikuti lomba pada tingkat di atasnya.

Terlepas dari lomba, hal ini untuk menerapkan pola mindset juga kebiasaan untuk menerapkan pola kesehatan. Tetapi, kata dia tujuan dari lomba ini adalah terkait program pembinaan. Bagaimana sekolah itu membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Artinya, jika baik lingkungan satuan pendidikan maupun warga satuan pendidikan mulai siswa dan guru menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Maka, memicu kenyamanan dalam proses pembelajaran. Sehingga, mampu menciptakan generasi muda yang unggul dalam berbagai aspek.

“Dengan begitu ujungnya nanti adalah meningkatkan kesehatan peserta didik, sehingga dapat berprestasi,” terangnya.

Terkait dengan sekolah mana yang menang, pihaknya menyebut juri masih melakukan penilaian dari masing-masing peserta. Dan segera bakal diinformasikan bagi para peserta.