Di Tengah Pandemi, Lomba MAPSI Kabupaten Pati 2021 di Gelar Secara Virtual

0
271
Panitia Pelaksana Lomba Mapsi Tingkat Kabupaten 2021, Saroso dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP ) Kabupaten Pati

SAMIN-NEWS.com, Pati – Lomba Mata Pelajaran Agama dan Seni Islami (Mapsi) Tingkat Kabupaten Pati 2021 di gelar di SMP N 5 Pati, Senin (29/3/2021). Mengingat pandemi covid-19, lomba dilaksanakan secara virtual dan diikuti ratusan pelajar SMP dari 49 perwakilan sekolah.

Lomba Mapsi tahun ini digelar oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kabupaten Pati dan Dinas Pendidikan Kabupaten Pati Kasie Peserta Didik sebagai penanggung jawabnya.

Ada tujuh cabang lomba yang diselenggarakan yakni Cerdas Cermat Agama Islam (CCAI), Tartil Putra, Tartil Putri, Tilawah putra, Tilawah Putri, Pidato Putra dan Pidato Putri.

Pandemi covid-19 telah menunda penyelenggaraan agenda tahunan tersebut pada tahun 2020. Meski pandemi masih melanda, panitia pelaksana tetap menyelenggarakan lomba secara virtual. Hal itu disampaikan oleh Panitia Pelaksana Mapsi, Saroso saat ditemui Samin News, Senin (29/3/2021)

Suasana Lomba Mata Pelajaran Agama dan Seni Islami (Mapsi) Tingkat Kabupaten Pati 2021 di gelar di SMP N 5 Pati, Senin (29/3/2021)

“Pelaksanaan lomba sebenarnya dibagi dua tahap dan hari ini adalah babak penyisihan yang dilakukan secara virtual dengan mengirim video. Untuk tahap final nanti secara luring tatap muka langsung,” katanya saat ditemui Samin news dimeja kesekretariatan lomba.

Lanjutnya, Ia mengatakan pihaknya melakukan beberapa persiapan terkait pelaksanaan lomba secara virtual seperti persiapan IT, menyiapkan email pengiriman video dan pendaftaran secara online. Pihaknya pun mengungkap sejumlah kendala.

“Kendalanya itu soal pengiriman kadang kapasitas video peserta yang dikirim melebihi ketentuan dari juknis. Sehingga panitia kesulitan mendownload dan harus koordinasi dengan sekolahnya lagi,” ungkapnya.

Kepala Sekolah SMP Negeri 5, Sumono yang menjadi tuan rumah diselenggarakannya lomba Mapsi 2021, mengungkapkan harapannya pada peserta karena lomba Mapsi dapat diselenggarakan kembali.

“Juara ini kan berjenjang ada tingkatannya ke atas provinsi nasional, jadi memang diseleksi dari bawah. Memang perlu ada bibit-bibit baru di Kabupaten Pati ini,” harapnya.