Data Bansos BPNT di Pati Dialihkan ke Bank BRI

0
109
Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin pada Dinas Sosial Kabupaten Pati, Tri Haryumi.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Data penerima bantuan sosial program keluarga harapan (PKH) maupun penerima bantuan paket sembako Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) akan dialihkan ke bank BRI dari sebelumnya BNI. Dengan demikian, data semula yang dimiliki oleh bank BNI sebagai pihak penyalur, kini dialihkan kepada BRI.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin pada Dinas Sosial, Tri Haryumi Sabtu, (13/3/2021).

“Pembagian kartu sembako lantaran adanya migrasi dari BNI ke BRI sehingga semua KKS (kartu kesejahteraan sosial) dari  BNI dialihkan ke BRI,” ungkap Tri kepada Samin News.

Beberapa waktu sebelumnya, tim pendamping PKH Kecamatan Cluwak membagikan kartu sembako untuk bansos BPNT juga alat untuk pencairan PKH. Akan tetapi, menurutnya pembagian ini bukan hanya di Cluwak, melainkan se-Kabupaten Pati.

Dengan begitu, dalam program kartu sembako ini ada dua manfaat, yakni pertama untuk pengambilan bansos BPNT dan pengambilan penerima PKH. “Itu di dalamnya, selain ansos PKH, juga program BPNT,” terangnya.

Pergantian migrasi ini, kata dia merupakan kebijakan atas MoU dari pusat. Dan untuk pembagian kartu sembako di Kabupaten Pati, akhir Maret sudah selesai. Sehingga bansos bisa segera dicairkan secepatnya.

“Paling lambat selesai disalurkan kartu sembako hingga bulan April,” pungkasnya.

Aturannya, instrumen ini sebagai pembayaran yang digunakan dalam penyaluran dana bantuan sosial program sembako menggunakan kartu keluarga sejahtera (KKS). Sehingga pada saat pemanfaatan bantuan sedang berlangsung, kartu ini wajib dibawa oleh KPM.