Rangkaian Tanam Pohon di Pinggir Ruas Jalan ke Objek Wisata Goa Pancur Tuntas

0
150
Personel dari Samin News dan Mahasiswi IAIN Kudus jurusan komunikasi yang praktek kerja lapangan di PT Samin Media Pustaka saat mempersiapkan kelengkapan kegiatan penghijuan di pinggir jalan menuju objek wisata Goa Pancur, di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, Minggu (21/2) 2021 tadi pagi.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Satu dari rangkaian kegiatan ”Samin News” dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021 sudah terselesaikan, yaitu menanam pohon di pinggir jalan menuju ke objek wisata Goa Pancur, di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, Pati yang mendapat dukungan penuh dari banyak pihak.

Di antaranya dari salah seorang tokoh masyarakat desa setempat yang juga Wakil Ketua II DPRD Pati dari Fraksi Partai Gerindra, H Hardi. Tak ketinggalan juga dari Kades Jimbaran, Sulistyo Agung, Karangtaruna, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dan juga tampilnya puluhan personel relawan dari Forum Relawan Peduli Bencana (FRPB) Pati.

Sedangkan untuk pengadaan bibit papar Manajer PT Samin Media Pustaka Sigit Pamungkas, tiap tahun pihaknya mendapat bantuan dari Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASL) Pemali-Jratun. ”Dengan demikian, kami bisa bekerjasama dengan pihak utamanya pemerintahan desa yang memang mempunyai dan menyiapkan program penanaman pohon,”ujarnya.

Personel dari Forum Relawan Peduli Bencana (FRPB) Pati saling bahu membahu bersama Babinsa dan Babinkamtibmas Koramil dan Polsek Kayen.
Personel Samin News saat menanam bersama pohon peneduh di pinggir jalan menuju objek wisata Goa Pancur, di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen.

Di sisi lain, lanjut dia, pihaknya juga juga berterimakasih kepada jajaran personel Babinsa Koramil dan Babinkamtibmas Polsek serta personel dari Kecamatan Kayen yang ikut ambil bagian dalam penanaman tersebut juga tak ketinggalan personel dari Kehutanan. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk penanaman di lokasi sepanjang 1.100 meter, masing-masing sisi tepi jalan itu, membutuhkan waktu tidak lebih dari satu jam.

Adapun untuk jarak tanam pohon bungur dan ketapang kencana di pinggir ruas jalan itu, adalah lima meter sehingga tidak kurang dari 500 batang pohon. Jumlah itu belum ditambah yang ditanam oleh personel jajaran karangtaruna dan kelompok sadar wisata dari jalan desa menuju objek sekitar lokasi, di antaranya terdapat pohon flamboyan.

Selesai memenam di ujung jalan masuk menuju objek wisata Goa Pancur, di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, semua personel jajatan pendukung dari Babinsa, Babinkamtibmas, kecamatan, Kepala Desa (Kades) setempat, dan Forum Relawan Peduli Bencana (FRPB) berfoto bersama di tengah ruas jalan tersebut.

Dengan selesainya penanaman pohon di pinggir  jalan menuju objek wisata Goa Pancur, maka untuk tahap berikutnya warga desa setempat diharapkan bisa ikut menjaga dan memeliharanya agar pohon yang ditanam bisa tumbuh maksimal. ”Sebab, kelemahan memanam pohon di tempat terbuka itu risiko gagal tumbuh tak bisa dihindari, karena banyak faktor yang mempengaruhi,”imbuhnya.