Masih 613 Nakes di Pati Belum Divaksin Covid-19

0
19
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati, Edy Siswanto.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati menyebut ada 613 tenaga kesehatan (Nakes) yang mengalami penundaan vaksinasi Covid-19. Dinkes mengaku akan merampungkan pada bulan Februari ini.

“Status vaksinasi-1 ada 6.773 Nakes dengan cakupan sebanyak 91,69 persen yang sudah divaksin. Sisanya tertunda,” ujar Kepala Dinas Kesehatan, Edy Siswanto kepada Saminnews.

Data tersebut berdasarkan catatan yang dimilikinya per tanggal 15 Februari. Nakes belum sepenuhnya mendapatkan dosis vaksin dengan alasan regulasi lama seperti lansia maupun komorbid belum bisa divaksin sehingga ditunda.

Akan tetapi, dengan terbitnya regulasi terbaru dari Kementerian Kesehatan saat ini vaksinasi Covid-19 untuk nakes maupun bisa menyasar lansia juga orang yang memiliki komorbid.

Oleh sebab, pihaknya optimis vaksinasi terhadap Nakes akan segera rampung dengan terbitnya aturan tersebut. Proses vaksinasi bakal segera dilakukan oleh vaksinator.

“Sebetulnya sudah selesai, karena ada aturan baru yang dulu tidak boleh, sekarang diperbolehkan. Maka yang dulu tertunda kita vaksin besok tanggal 19 s/d 20 Februari,” ungkapnya.

Menurutnya, ada 613 nakes yang belum divaksin dan  direncanakan vaksin selama 2 hari tanggal 19 s/d 20 Februari 2021 di beberapa tempat fasilitas kesehatan maupun puskesmas.

“Faskes di rumah sakit KSH, RAA Soewondo Pati, Puskesmas Pati 1 & 2, Puskesmas Margorejo, DKT, klinik Bayangkara, Graha Dipo,” tambah dia.

Pihaknya menjelaskan bahwa proses vaksinasi yaitu untuk 1 orang dilakukan dua kali penyuntikan. Sementara itu jaraknya pertama dan kedua itu berdurasi selama 14 s/d 28 hari.