Jangan Percaya Jika Ada yang Menyebarkan Berita Doropayung Banjir

0
87
Kondisi ruas jalan di tengah perkampungan padat penduduk, di Desa Doropayung, Kecamatan Juwana yang menjadi ajang sebaran isu kebohongan berlangsungnya banjir di desa ini.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Warga Pati hendaknya tidak perlu mempercayai isu kebohongan yang disebarluaskan para pemedsos, bahwa Desa Doropayung, Kecamatan Juwana sudah tergenang banjir akibat meluapnya alur Kali Juwana. Akan tetapi benar, bahwa lokasi desa itu memang selalu menjadi langganan banjir kiriman dari hulu.

Hanya saja masyarakat jangan mudah percaya, bahwa beberapa hari terakhir ini desa tersebut sudah digenangi banjir, sehingga hal itu tentu sangat merugikan warga setempat. Dampaknya, warga lain yang hendak berkunjung atau sekadar lewat di desa tersebut merasa was-was, atau terpaksa mengurungkan maksudnya untuk mamasuki desa yang dimaksud.

Dari pantauan ”Samin News”, di desa tersebut yang bagian selatan di pinggir alur Kali Juwana, selama ini menjadi pusat kegiatan warga untuk pemanggangan ikan. Untuk menuju lokasi itu, hanya ada ruas jalan desa, di antaranya adalah lewat jalan perkampungan yang ada di desa setempat, dan satunya lewat desa tetangga, yaitu Desa Mintomulyo, kecamatan yang sama.

Jalur evakuasi warga Doropayung , Kecamatan Juwana jika terjadi banjir besar dan harus mengungsi ke lokasi yang aman.

Dengan demikian, jika memang kondisi desa tersebut tidak banjir hendaknya jangan dibesar-besarkan bahwa desa itu dilanda banjir. Jika mengacu pada kondisinya, memang berada pada posisi rendah di banding desa-desa di Juwana lainnya, tapi selama limpasan alur Kali Juwana tidak maksimal maka banjir pun tidak terjadi di desa ini.

Kemungkinan lain, jika di desa ini tergenang banjir waktu berlangsungnya genangan air pun lama, karena lokasnya memang tepat di pinggir alur kali. Karena itu, saat terjadi air laut pasang  maka air pun masuk kembali ke arael perkampungan, sehingga jika tidak terjadi genangan tapi sudah disebarluaskan terjadi banjir, dampaknya adalah warga yang mempunyai kegiatan usaha, seperti pemanggangan ikan.

Padahal kondisi desa dan tempat usaha mereka masih dalam posisi aman, sehingga berita-berita seperti itu jelas tidak diinginkan terjadi. Akan tetapi jika yang terjadi adalah kondisi yang sebenarnya, maka terjadinya banjir di Doropayung memang tak bisa dihindari, tapi yang jelas saat ini banjir tidak sedang terjadi di Doropayung.