Dapur Lapangan Kompi Brimob Bergeser ke Dapur Umum Kelenteng Hok Tik Bio Pati

0
87
Saat personel dapur lapangan Brimob Kompi 4 Yon A Pelopor Sat Brimob Polda Jateng memasak di dapur umum di Kelenteng Hok Tik Bio Pati untuk membantu masyarakat terdampak banjir.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Saat genangan banjir di Pati semakin meluas dan banyak warga yang terdampak, maka dapur lapangan Brimob Kompi 4 Yon A Pelopor Sat Brimob Polda Jateng, langsung membuka dapur umum di lokasi genangan banjir Desa Mintobasuki, Kecamatan Gabus, Pati. Dengan demikian, daerah terdampak lainnya seperti di Desa Banjarsari jika dalam kondisi genangan air semakin tinggi, untuk suplai kebutuhan makanan bisa dilakukan dari dapur umum tersebut.

Apalagi, papar Dantim Dapur Lapangan dari kompi yang bersangkutan, Ipda Supaham, di lokasi Mintobasuki juga ada relawan dari komunitas yang juga membuka dapur umum, sehingga untuk memenuhi kebutuhan makan warga, baik pagi, siang maupun malam tidak masalah. Dengan demikian, kondisi warga baik anak-anak maupun warga yang lanjut usia, tentu tidak ada yang kekurangan suplai kebutuhan makan.

Karena itu, ketika ada permintaan agar dapur lapangan Brimob Kompi 4 Yon A Pelopor Sat Brimob Polda Jateng harus bergeser dari lokasi, maka semua personel pun segera berbenah untuk membawa seluruh peralatan dapur. ”Akan tetapi untuk perlengkapan tenda masih kami tinggal, biar dimanfaatkan pihak komunitas, sehingga tenda untuk dapur umum yang tersedia benar-benar maksimal,”ujarnya.

Personel lapangan dari Kompi Brimob saat memasak.
Suasana dapur yang mengambil tempat di halaman Kelenteng Hok Tik Bio Pati.

Sedangkan perpindahan dapur langan, lanjutnya masuk kota, yaitu di dapur umum Klenteng Hok Tik Bio Pati, karena tiap hari juga harus memasak untuk 500 porsi nasi kotak yang digunakan membantu warga terdampak banjir. Dengan demikian, jika tidak dibantu personel dari dapur lapangan beserta perlengkapannya memasaknya tentu agak berat.

Apalagi jika mengingat, bahwa nasi kotak sebanyak itu harus dibagikan sore hari, maka jika memasaknya sedikit terlambat, maka penyalurannya ke lokasi tentu sedikit kemalaman. ”Dengan bantuan dapur lapangan maka untuk menanak nasi dan memasak bisa maksimal, sehingga yang di bagian di dapur tenaganya sedikit ringan,”imbuhnya.

Ditanya terpisah berkait hal tersebut, Ketua Kelenteng Hok Tik Bio Pati, Eddy Siswanto membenarkan, keberadaan dapur lapangan dari Kompi Brimob sangat diperlukan. ”Bisa memasak nasi dalam kapasitas cukup banyak lebih cepat, serta masakan lainnya sehingga yang mengkemas dari jajaran Polwan Polres maupun Polsek Pati juga maksimal.”jelasnya.