Sosialisasi Pilkades Pertama Cluwak di Desa Mojo

0
67
Camat Cluwak, Agus Purwanto.

SAMIN-NEWS.com,  PATI – Pemerintah Kecamatan Cluwak hari ini melakukan sosialisasi pemilihan kepala desa (Pilkades). Berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Pati Nomor 88 Tahun 2020 tentang Kepala Desa dan Pembentukan Panitia Pilkades.

Sesuai jadwal yang telah direncanakan, sosialisasi pertama ini dilakukan di Desa Mojo yang dimulai dari pukul 09:00 tadi pagi. Sebagaimana hal ini untuk menyiapkan mekanisme tahapan dan pelaksanaan Pilkades serentak pada tanggal 10 April 2021 mendatang.

“Jadwal sosialisasi dan pembentukan panitia Desa Mojo jam 09.00. Kemudian untuk besok (30/1) ada acara di kantor kecamatan,” ungkap Camat Cluwak Agus Purwanto berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Saminnews.

Diketahui, di Kecamatan Cluwak terdapat 10 desa nantinya bakal menyelenggarakan kontestasi Pilkades serentak. Sehingga, dari kesepuluh desa tersebut dari sekarang dimulai sosialisasi pembentukan kepanitiaan.

“Tanggal 1 Februari Desa Plaosan, tanggal 2 Februari jadwalnya di Desa Ngablak dan siangnya di Desa Sentul,” rinci Agus.

Kemudian, lanjutnya tanggal 3 Februari dijadwalkan sosialisasi di Desa Gesengan pukul 09.00 pagi. Sementara di Desa Karangsari pukul 13.00 siang hari. Tanggal 4 Februari di Desa Sumur dan Desa Payak.

Serta hari terakhir sosialisasi pembentukan kepanitiaan Pilkades dijadwalkan hingga berlangsung  sampai dengan tanggal 5 Februari 2021, yakni di Desa Medani serta Desa Sirahan.

Berdasarkan Perbup Nomor 88 tersebut, pada bab III pasal 6 disebutkan dalam kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019, Panitia Pengawas Tingkat Kabupaten dan Panitia Pengawas Tingkat Kecamatan melibatkan unsur satuan tugas penanganan Corona Virus Disease 2019.

“Tingkat kabupaten adalah Kepala Dinas Kesehatan dan tingkat Kecamatan adalah Kepala Unit Pelaksana Teknis Puskesmas,” lanjut bunyi pasal 6 huruf a dan b.