Satuan Pendidikan SMA Sederajat Terapkan PJJ Hingga 30 Januari 2021

0
43
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Tengah, Sunoto.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa, Sunoto mengungkapkan pemberlakuan kegiatan belajar mengajar (KBM) di satuan pendidikan menengah keatas masih tetap menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau daring. Kepastian ini sesuai edaran dari pemerintah provinsi Jawa Tengah bahwa PJJ dilaksanakan hingga 30 Januari 2021.

“Kegiatan belajar mengajar dengan model Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) diperpanjang kembali sampai dengan tanggal 30 Januari 2021, dan akan dilakukan evaluasi lebih lanjut, serta diberitahukan kemudian sesuai perkembangan status kedaruratan yang diakibatkan oleh penyebaran Covid-19,” kata Sunoto berdasarkan SE Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Senin (18/1/2021).

Melihat perkembangan kondisi di lapangan bahwa wabah belum berhenti. Justru dari pemerintah sendiri mengantisipasinya terhadap invasi virus dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai dari tanggal 11 s/d 25 Januari 2021.

Artinya jika mengacu kebijakan pemerintah tersebut, maka satuan pendidikan di bawah kewenangan Cabang Dinas Pendidikan, yakni SMA, SMK dan SLB hingga akhir bulan Januari ini tetap menerapkan belajar dari rumah.

Lanjut Sunoto berdasarkan SE, mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 yang masih dalam potensi resiko penyebaran cukup tinggi, dan kepatuhan pelaksanaan Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Meski pendidikan menggunakan PJJ, namun pihaknya meminta kesadaran dalam protokol kesehatan tak boleh diabaikan. Pasalnya jika tidak didukung dari personal masing-masing, maka dikhawatirkan justru terjadi lonjakan kasus.

“Satuan pendidikan diminta untuk secara terus menerus menggiatkan disiplin pelaksanaan protokol kesehatan, dan memberikan penguatan pemahaman terhadap berbagai kebijakan Pemerintah dan Pemerintah Daerah terkait dengan pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19 dalam setiap materi pembelajaran yang disampaikan secara daring,” tutupnya.