Sambut Tahun Baru Imlek 2572 Hindari Kerumunan

0
73
Sesepuh dan Penanggungjawab Kelenteng Hok Tik Bio Pati, Eddy Siswanto saat bersama personel Polsek Pati dan jajaran Sabhara Polres Pati yang tengah membersihkan lampion yang ada di Kelenteng Hok Tik Bio, Sabtu (30/1) tadi pagi.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, bahwa menyambut datangnya Tahun Baru Imlek 2572, di Tahun 2021 Kelenteng Hok Tik Bio Pati, jauh dari hirukpikuk keramaian yang mendorong berkumpulnya banyak masa. Akan tetapi, untuk perayaan tahun baru kali ini, tetap dijauhkan dari keramaiannya yang akan mengundang banyaknya berkumpul maupun berkerumunnya orang.

Hal tersebut mengingat, sampai saat ini berlangsungnya situasi di tengah-tengah masa pandemi Covid-19 juga belum berakhir, maka siapa saja atau seluruh warga masyarakat Pati, hendaknya tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Dengan demikian, siapa pun hendaknya jangan sampai abai untuk tidak mematuhi ketentuan tersebut.

Berdasarkan pertimbangan itu, papar sesepuh dan penanggung jawab Kelenteng Hok Tik Bio Pati, Eddy Siswanto, pihaknya lebih mengutamakan kepatuhan di masa pandemi Covid-19. ”Dengan demikian, keramaian yang tiap tahun diselenggarakan untuk memeriahkan penyambutan Tahun Baru Imlek 2572, di Tahun 2021, untuk tahun ini sama sekali tidak kami selenggarakan,”tandasnya.

Personel dari jajaran Polsek Pati dan Sabhara Polres Pati juga ikut membersihkan kelengkapan dari logam kuningan untuk sembhayagan Kelenteng Hok Tik Bio Pati.

Harapannya, lanjut dia, agar hal itu tidak mengundang kerumunan banyak orang sehingga tak beda jauh bahwa dalam upaya bersih-bersih kelenteng yang biasanya banyak komunitas masyarakat yang ikut memang sengaja tidak diberi tahu. Hal tersebut memang disengaja, agar dalam kegiatan bersih-bersih kelenteng ini juga tidak mengundang berkumpulnya banyak orang.

Karena itu, jika pihaknya hanya melibatkan jajaran Polri, pertimbangannya karena Polri agar tetap eksis dalam tugasnya sebagai pelindung dan pengayom masyarakat, sehingga perlu ikut ambil bagian dalam kegiatan di masayarakat. Demikian pula, untuk jajaran TNI yang tak lain adalah penjaga garda terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Inilah patung-patung dewa yang menjadi kelengkapan ritual di Kelenteng Hok Tik Bio Pati yang dikeluarkan dari tempat sembhayangan untuk dibersihkan.

Dengan demikian, hal yang masih berlanjut dalam menyambut perayaan Tahun Baru Imlek, adalah acara ritual atau sembhayangan yang menjadi bagian tak terpisahkan. ”Sedangkan hal lain, adalah pembagian kueh keranjang kepada warga, tapi diantar langsung dari pintu ke pintu saat bersamaan perayaan Capgome, yaitu 15 hari setelah Imlek,”imbuhnya.