Keistimewaan Ibadah Umroh di Bulan Ramadhan

0
47

Ibadah Haji merupakan ibadah yang di dambakan setiap kaum muslim yang ada di penjuru dunia. Selain itu ibadah Haji juga merupakan rukun Islam yang ke lima setelah syahadat, sholat, zakat dan puasa. Ibadah Haji wajib dilakukan oleh para kaum muslim yang sudah dewasa dan sudah mampu dalam segi material, fisik dan juga keilmuannya.

Selain ibadah haji, para umat muslim juga sangat mendambakan untuk pergi beribadah umroh ke tanah suci (Baitullah). Karena di Baitullah para umat muslim bisa bersimpuh memanjatkan segala  doa-doanya dan juga melakukan ibadah secara langsung berhadapan dengan Ka`bah. Selain itu nilai pahala ibadah yang di dapatkan juga sangatalah berlipat ganda daripada apa yang biasanya dilakukan sehari-hari. Maka dari itu pergi ibadah umroh ke tanah suci merupakan kesempatan emas yang sangat berharga bagi kaum muslim.

Adapun waktu yang sangat baik dan sangat menjadi incaran para umat muslim untuk melaksanakan ibadah umroh yaitu dibulan Ramadhan. Karena di bulan Ramadhan telah kita ketahui bahwa banyak sekali keindahan dan keistimewaan di bulan Ramadhan, karena di bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh ampunan, bulan yang penuh keberkahan, bulan yang  penuh rahmat, bulan dilipat gandakan segala pahala dan bulan di kabulkannya segala doa. Bulan Ramadhan juga merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu bagi umat muslim yang ada di penjuru dunia. Sehingga tidak terkejut bahwa banyak sekali umat muslim yang ingin sekali pergi umroh ke tanah suci di bulan ramadhan.

Sehingga umroh di bulan Ramadhan merupakan sebuah cita-cita yang paling mulia bagi umat muslim, walaupun biaya yang di keluarkan untuk pergi ibadah umroh di bulan ramadhan sangatlah berbeda jauh lebih mahal dari pada umroh regular di bulan-bulan lainya, tetapi para umat muslim tetap berburu tiket untuk pergi ke tanah suci di bulan ramadhan.

Dengan melaksanakan ibadah di tanah suci umat muslim berlomba-lomba dan berbondong-bondong untuk memanjatkan doa dan juga memohon ampun atas segala dosa-dosa yang telah di lakukan. Keutamaan yang sangat menonjol tentang melaksanakan ibadah umroh di bulan ramadhan adalah nilai pahala yang didapatkan setara dengan pahalanya orang yang berhaji.

Rosullah pernah bersabda bahwa, “ Jika Ramadhan tiba, berumrohlah saat itu karena umroh Ramadhan senilai dengan haji” (HR. Bukhori dan Muslim).

Semua umat muslim pasti sanggat mendambakan pahala yang di jaminkan, tetapi untuk mendapatkan pahala yang besar tentunya harus dilandasi dengan tindakan ibadah yang kita lakukan selama di tanah suci, seperti melaksanakan ibadah-ibadah wajib dan juga sunah selama di masjidil haram. Selain itu niat yang di landaskan didalam hati harus lurus dan lillahita`ala (melakukan ibadah karena Allah). Bukan melakukan ibadah umroh hanya sekedar formalitas dan ditujukan hanya untuk status sosial saja agar lebih di pandang dihadapan masyarakat.

Ibnu abbas mengatakan bahwa Rosulullah SAW bersabda, “barangsiapa mendapati bulan Ramadhan di Makkah, lalu berpuasa secara utuh dan melakukan sholat malam pada beberapa malamnya, maka Allah akan mencatat untuknya seratus ribu bulan Ramadhan selain di Makkah. Dia juga akan mencatat satu kebajikan tiap siang hari, dan satu kebajikan tiap malam hari.”

Dari sisi lain ibadah umroh di bulan ramadhan yang sangat besar pahalanya dan pelipat gandaan pahalanya juga sangat besar, para umat muslim mempunyai sebuah moment dan kebiasaan di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan yaitu melakukan ibadah dengan penuh kekhusyukan dan melakukan amal baik yang lebih banyak di hari-hari terakhir dibulan Ramadhan. Dengan melakukan pergi ibadah umroh dibulan Ramadhan, merupakan sebuah kesempatan emas bagi umat muslim untuk  beramal lebih banyak dari sebelum-sebelumnya dengan penuh kehusyukan dan kaikhlasan.

Pengirim: Amalia Dwi Farhani Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta