100 Ton Cadangan Beras Pemerintah Selalu Menumpuk di Gudang Bulog

0
25
Ilustrasi : Tumpukan beras di gudang Bulog.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Bulog Sub-Divre Pati, Yonas Haryadi Kurniawan mengatakan bahwa Cadangan Beras Pemerintah (CBP) berupa beras 100 ton tiap tahunnya cenderung tidak pernah digunakan pemerintah daerah termasuk di Kabupaten Pati.

Perlu diketahui, Cadangan Beras Pemerintah (CBP) merupakan sebuah bentuk cadangan pangan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dikelola oleh Bulog dan dapat dimanfaatkan pemerintah daerah dalam kondisi tertentu untuk mengantisipasi masalah kekurangan pangan, gejolak harga, keadaan darurat akibat bencana dan kerawanan pangan.

Kepala Bulog Sub-Divre Pati, Yonas Haryadi Kurniawan.
Kepala Cabang Bulog Pati, Yonas Haryadi.

“Di berbagai daerah termasuk di Kabupaten Pati, Cadangan Beras Pemerintah (CBP) memang cenderung jarang dipakai dan dimaksimalkan,” tuturnya saat dikonfirmasi Samin News, Selasa (19/1/2021).

Lebih lanjut Yonas menjelaskan bahwa hal tersebut terjadi lantaran pemerintah daerah rata-rata enggan dengan berbagai mekanisme yang harus dilakukan untuk menggunakan CBP.

“Padahal jika kita lihat dari tujuan dari CBP tersebut, tentu beras ini dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal termasuk pada masa pandemi seperti sekarang ini,” pungkasnya.