Tiga Kebutuhan Pokok Hari Ini Mengalami Kenaikan Harga

0
21
Ilustrasi: Kebutuhan-kebutuhan pokok yang dijual di pasar.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati mencatat sejumlah harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) mengalami kenaikan. Sedikitnya ada kenaikan harga pada tiga jenis komoditas yang pada hari Senin (28/12) tercatat olehnya.

“Pertama, harga cabe rawit merah naik menjadi 60 ribu per kilogram dibandingkan hari sebelumnya yakni 57 ribu. Dengan selisih perubahan sebesar 3 ribu senilai 5 persen,” ujar Kepala Bidang Perdagangan, Sutrisno kepada Saminnews.

Kemudian, hal serupa terjadi juga dengan jenis cabe rawit hijau. Dari sebelumnya hanya 47 ribu per kilogram, namun bengkak menjadi 52 ribu rupiah. Artinya, ada kenaikan harga sebesar 5 ribu per kilogramnya. Pihaknya menjelaskan hal ini berubah sebesar 9 persen dari harga sebelumnya.

Sementara itu, harga bawang putih chouw naik menjadi 26 ribu. Dari semula 25 ribu, dengan seloh sebesar seribu rupiah. Kenaikan ini tercatat sebesar 3 persen.

Kondisi ini terjadi di tengah perayaan umat Nasrani yakni perayaan Natal tahun 2020. Harga tersebut diambil dari sejumlah di pasar tradisional di Kabupaten Pati dengan mendasarkan harga rata-rata.

Meski demikian, pih tak memingkiri selain terdapat kenaikan harga pada tiga jenis komoditas tersebut, pihaknya juga menyebutkan ada kebutuhan pokok yang pada hari ini justru sebaliknya yakni mengalami penurunan.

“Untuk penurunan harga kepokmas yaitu harga telur ayam ras. Dari 28 ribu per kilogram menjadi 26 ribu, terdapat selisih dua ribu dibandingkan hari Minggu kemarin,” imbuh Sutrisno.

Selain telur ayam ras, lanjutnya yaitu penurunan harga terjadi pada kacang tanah. Pihaknya mencatat ada senilai 2 ribu rupiah, dari 26 ribu menjadi 24 ribu per kilogram.